EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMA N 2 YOGYAKARTA, DAN SMA KOLOMBO

IZZATILLAH SAFITRIE, NIM. 11670028 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMA N 2 YOGYAKARTA, DAN SMA KOLOMBO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMA N 2 YOGYAKARTA, DAN SMA KOLOMBO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMA N 2 YOGYAKARTA, DAN SMA KOLOMBO)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini adalah tiga sekolah dengan kategori yang berbeda, yaitu sekolah grade tinggi (SMA N 2 Yogyakarta), sekolah grade menengah (SMA N 11 Yogyakarta), dan sekolah grade rendah (SMA Kolombo Yogyakarta). Kategori sekolah didasarkan pada asumsi yang dilihat dari nilai akreditasi sekolah, KKM, dan passing grade masuk sekolah tersebut. Pengambilan sampel sekolah dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dimana sampel dikelompokkan berdasarkan kategori yang telah dibuat dan diacak. Penelitian ini menggunakan instrumen pengambilan data berupa tes (tes kemampuan kognitif) dan nontes (lembar observasi). Hasil penelitian menunjukkan model PBI efektif terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan hasil one sample t-test, dimana diperoleh nilai sig.(2- tailed) sebesar 0,000 (<0,05) untuk sampel satu (SMA N 2 Yogyakarta), nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,030 (<0,05) untuk sampel dua (SMA N 11 Yogyakarta), dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,044 (<0,05) untuk sampel tiga (SMA Kolombo) yang berarti rata-rata hasil belajarnya di atas KKM. Model PBI juga efektif terhadap aktivitas belajar siswa, dibuktikan dengan hasil uji ANOVA dengan nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) yang berarti ada perbedaan rata-rata aktivitas belajar siswa antara sampel 1, 2, dan 3. Jika dilihat dari hasil observasi, diperoleh skor rerata aktivitas belajar siswa sebesar 24,79 (SB) untuk sampel 1; 21,41 Baik (B) untuk sampel 2; dan 19,03 Baik (B) untuk sampel 3. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran PBI efektif untuk diterapkan di tiga kategori sekolah yang berbeda ditinjau dari hasil belajar dan aktivitas siswa. Kata Kunci: efektivitas, problem based instruction (PBI), hasil belajar, aktivitas siswa, kelarutan dan hasil kali kelarutan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, problem based instruction (PBI), hasil belajar, aktivitas siswa, kelarutan dan hasil kali kelarutan
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:31
Last Modified: 27 Aug 2015 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17099

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum