PERAN LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH JÂ A AL-HAQ KOTA BENGKULU)

MUHAMMAD HIDAYATURRAHMAN, S.Pd.I, NIM. 1320410126 (2015) PERAN LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH JÂ A AL-HAQ KOTA BENGKULU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH JÂ A AL-HAQ KOTA BENGKULU))
1320410126_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH JÂ A AL-HAQ KOTA BENGKULU))
1320410126_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada awalnya, kegiatan pembelajaran bahasa Arab di sekolah lebih ditekankan kepada kepentingan untuk bisa membaca dan memahami al- Qur’ān, al-Hadiṡ dan ilmu-ilmu pengetahuan agama Islam. Akan tetapi, seiring dengan pentingnya bahasa Arab sebagai alat komunikasi, maka orientasi pembelajaran bahasa Arab juga ditekankan kepada kemahiran berbicara (mahārah kalām). Madrasah Aliyah Jā a al-Haq Kota Bengkulu merasakan kebutuhan akan bahasa Arab sebagai alat komunikasi. Untuk memnuhi kebutuhan tersebut dibentuklah Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Jā al Haq. Untuk pelajaran bahasa Arab, siswa mempelajarinya lebih banyak daripada pelajaran bahasa Inggris. Akan tetapi Fakta yang terjadi adalah siswa lebih banyak dan lancar menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari daripada bahasa Arab. Oleh karena itu, hal ini perlu untuk dikaji/diteliti, apa faktor-faktor penyebab percakapan bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Jā al Haq Kota Bengkulu tidak berjalan dengan baik, dan bagaimana peran LPBA dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Jā al Haq Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui faktor penyebab tidak berjalannya percakapan bahasa Arab siswa, dan program yang dilaksanakan LPBA dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa dan bagaimana pelaksanaannya. Penelitian ini adalah field research, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, digunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket terbuka, dengan sumber data berasal dari pengurus LPBA Jā al Haq. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Faktor-faktor penyebab percakapan bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Jā a al-Haq Kota Bengkulu tidak berjalan baik adalah sebagian besar guru madrasah tidak menguasai bahasa Arab, kurangnya koordinasi antara LPBA dan madrasah dalam pelaksanan dan pengawasan program-program LPBA, belum diwajibkannya penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa percakapan harian siswa, kurangnya fasilitas pembelajaran dan waktu belajar bahasa Arab untuk LPBA, dan kurangnya semangat guru dan siswa untuk kembali menghidupkan lingkungan bahasa Arab di madrasah dan asrama. Kemudian LPBA Jā a al-Haq adalah lembaga yang mempunyai beberapa peran, yaitu peran perencana dan pelaksana program kegiatan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa, peran kerja sinergis (antara LPBA pengurus MA Jā a al-Haq, pengurus pondok pesantren Sentot Alibasya dan Himpunan santri Jā a al- Haq), peran koordinasi (antara lembaga dengan pengurus yayasan, pengurus madrasah, dan antara pengurus lembaga), peran kontrol dalam pelaksanaan kegiatan, dan peran motivasi (sebagai motivator yang mendorong siswa agar selalu berusaha mengikuti program-program kegiatan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Alwan Khoiri, MA.,
Uncontrolled Keywords: peran, LPBA, kemahiran berbicara
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Sep 2015 10:41
Last Modified: 03 Sep 2015 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum