PENERAPAN MORPHOLOGICAL ANALYSIS – ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MEMODIFIKASI PERMAINAN KETANGKASAN TRADISIONAL GUNDU YANG MENGAKOMODASI UNSUR PERMAINAN BILLIARD

KHAIRUL ANWAR, NIM. 10660024 (2015) PENERAPAN MORPHOLOGICAL ANALYSIS – ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MEMODIFIKASI PERMAINAN KETANGKASAN TRADISIONAL GUNDU YANG MENGAKOMODASI UNSUR PERMAINAN BILLIARD. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MORPHOLOGICAL ANALYSIS – ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MEMODIFIKASI PERMAINAN KETANGKASAN TRADISIONAL GUNDU YANG MENGAKOMODASI UNSUR PERMAINAN BILLIARD)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MORPHOLOGICAL ANALYSIS – ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MEMODIFIKASI PERMAINAN KETANGKASAN TRADISIONAL GUNDU YANG MENGAKOMODASI UNSUR PERMAINAN BILLIARD)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Gundu adalah mainan kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca, tanah liat, atau agate. Modifikasi permainan gundu dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan kembali permainan gundu yang sudah konvesional dimainkan pada masa sekarang. Pemilihan billiard sebagai unsur yang digunakan dalam proses modifikasi didasar atas beberapa hal diantaranya kesamaan objek yang digunakan yaitu bola kecil dan fakta billiard sebagai permainan populer. Hasil dari modifikasi adalah papan permainan beserta roleplay yang digunakan namun dari hasil tersebut diharuskan tetap menjaga meaningful play gundu dan billiard. Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan observasi dengan rapid ethnografi. Hasil observasi yang diperoleh berupa data implisit tentang permainan gundu dan billiard yaitu budaya permainan, roleplay yang berlaku, dan sikap atau emosi dalam permainan. Kemudian untuk proses pembuatan rancangan produk diterapkan metode Analisis Morfologi dan pemilihan parameter rancangan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Kombinasi dua metode tersebut menghasilkan papan permainan dengan model papan lipat, bentuk persegi panjang, permukaan karpet karet, tepi papan dari bahan soft, 6 lubang dipermukaan papan, dan penggunan gundu ukuran jumbo / medium. Roleplay yang diterapkan adalah Kingslayer dan Kick’em All disadur dari patent, roleplay gundu dan roleplay billiard. xxi Kata kunci : Gundu, Billiard, Meaningful play, roleplay, rapid ethnografi, analisis morfologi, Analytical Hierarchy Process (AHP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Taufiq Aji, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Gundu, Billiard, Meaningful play, roleplay, rapid ethnografi, analisis morfologi, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Sep 2015 15:46
Last Modified: 03 Sep 2015 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum