INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM MAHĀRAH KALĀM (STUDI KASUS SANTRIWATI KULLIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN AR-RISALAH PROGRAM INTERNASIONAL PONOROGO)

JAUHAROTUN NI’MAH, S.PD.I, NIM. 1320411139 (2015) INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM MAHĀRAH KALĀM (STUDI KASUS SANTRIWATI KULLIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN AR-RISALAH PROGRAM INTERNASIONAL PONOROGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM MAHĀRAH KALĀM (STUDI KASUS SANTRIWATI KULLIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN AR-RISALAH PROGRAM INTERNASIONAL PONOROGO))
1320411139_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM MAHĀRAH KALĀM (STUDI KASUS SANTRIWATI KULLIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN AR-RISALAH PROGRAM INTERNASIONAL PONOROGO))
1320411139_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa berperan penting bagi kehidupan manusia. Antara bahasa dan manusia tidak bisa dipisahkan. Manusia dalam segala aktivitasnya memerlukan bahasa untuk berkomunikasi dengan manusia yang lain. Komunikasi mempunyai berbagai macam ragam, salah satunya yaitu komunikasi lisan yang dapat menyebabkan interferensi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan bentuk interferensi bahasa Indonesia dalam mahārah kalām Santriwati KMI Pondok Modern Ar-Risalah Program Internasional Ponorogo dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi interferensi bahasa Indonesia dalam mahārah kalām. Penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan bentuk kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode simak, teknik dasarnya adalah “Teknik Sadap”. Teknik lanjutan I adalah teknik simak bebas libat cakap atau “SBLC”. Teknik lanjutan II adalah teknik catat. Teknik lainnya adalah dengan wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahasa lisan yang mengalami interferensi. Subjek dalam penelitian ini adalah para Santriwati Pondok Ar-Risalah yang dwi bahasawan. Sampel penelitian dalam tesis ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penekanan analisis pada tesis ini adalah interferensi bahasa Indonesia dalam mahārah kalām Santriwati KMI Pondok Modern Ar-Risalah Program Internasional Ponorogo. Berdasarkan penekanan analisis di atas maka penulis memilih metode padan intralingual sebagai metode analisis. Metode pemaparan hasil analisis data yang digunakan dalam tesis ini adalah metode yang bersifat informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-betuk Interferensi yang terjadi di lokasi penelitian berupa interferensi fonologi, morfologi, sintaksis dan semantis. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya interferensi dalam mahārah kalām Santriwati KMI Pondok Modern Ar-Risalah adalah perbedaan sistem bahasa pertama atau bahasa kedua (interlingual transfer), analogi (persamaan yang berlebihan), tipisnya kesetiaan pemakai bahasa penerima, tidak cukupnya kosakata bahasa penerima, menghilangnya kata-kata yang jarang digunakan, kebutuhan akan sinonim dan transfer struktur bahasa karena terbawanya kebiasaan dalam bahasa ibu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Interferensi, bahasa Indonesia dalam Mahārah Kalām, Santriwati KMI Pondok Modern Ar-Risalah.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Sep 2015 08:56
Last Modified: 04 Sep 2015 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum