INJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA PASANGAN MUDA (STUDI KASUS DI KELURAHAN WARUNGBOTO KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA)

MUHAMMAD SIDQON FAMULAQIH, NIM. 09350030 (2015) INJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA PASANGAN MUDA (STUDI KASUS DI KELURAHAN WARUNGBOTO KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA PASANGAN MUDA (STUDI KASUS DI KELURAHAN WARUNGBOTO KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA PASANGAN MUDA (STUDI KASUS DI KELURAHAN WARUNGBOTO KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan usia muda bukanlah persoalan yang baru diperbincangkan publik, nikah muda seringkali menjadi polemik dalam lingkungan sosial, karena dianggap rawan akan keretakan sebuah susunan rumah tangga. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan pernikahan yaitu untuk membentuk keluarga sakinah. Pada dasarnya agama Islam tidak melarang untuk melakukan pernikahan selama ia mampu (al-ba>’ah). Namun pada realitasnya banyak pernikahan muda yang dibentuk dengan kondisi tidak siap ”mampu”, melainkan karena hamil sebelum menikah atau karena hal-hal negatif lain. Permasalahannya bukan pada nikah mudanya, namun pada kondisi kesiapan orang yang melakukan. Pernikahan merupakan suatu yang dianjurkan untuk mencapai kemaslahatan, pernikahan diperlukan untuk mencegah hal-hal negatif. Maka penyusun meneliti lima pasangan nikah muda di Kelurahan Warungboto Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Untuk mengetahui secara jelas titik poin dalam penelitian ini, maka yang menjadi pokok permasalahannya adalah untuk mengetahui latarbelakang dan praktik terbentuknya keluarga sakinah pasangan muda, serta tinjauan hukum Islam dalam pembentukannya di Kelurahan Warungboto Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan (field research) penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa studi lapangan dan pustaka. Studi lapangan yang meliputi observasi secara langsung dan wawancara secara terpilih kepada lima keluarga pasangan muda dalam bentuk tertulis dan secara lisan. Studi kepustakaan dilakukan dengan cara mendokumentasikan dokumen dan literatur yang berhubungan dengan materi penelitian, adapun metode analisa adalah diskriptif analisis, yaitu berusaha memaparkan realitas yang ada secara sistematis, selanjutnya dari data yang terkumpul diproses dan disusun dengan memberikan penjelasan atas data. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan normatif dan yuridis kemudian dianalisis berdasarkan realita dan membentuk sebuah kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian, bahwa terbentuknya keluarga sakinah pada pasangan muda di Kelurahan Warungboto Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta merupakan suatu hal yang dianjurkan (sunah), kendati demikian hukum tetap berlaku bagi mukalaf 1 . Jika seorang menyatakan mempunyai kemampuan untuk menikah dan khawatir melakukan perbuatan yang tidak dibenarkan oleh agama. maka berpuasalah karena sesungguhnya puasa itu akan meredakan gejolak hasrat seksual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. MALIK IBRAHIM., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Keluarga sakinah, pasangan muda
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2015 09:51
Last Modified: 16 Sep 2015 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum