UPAYA MASYARAKAT SEKITAR LOKALISASI DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI MASYARAKAT SEKITAR PASAR KEMBANG RW SOSROWIJAYAN KULON PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)

NGATO U ROHMAN, NIM: 11350007 (2015) UPAYA MASYARAKAT SEKITAR LOKALISASI DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI MASYARAKAT SEKITAR PASAR KEMBANG RW SOSROWIJAYAN KULON PERSPEKTIF HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA MASYARAKAT SEKITAR LOKALISASI DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI MASYARAKAT SEKITAR PASAR KEMBANG RW SOSROWIJAYAN KULON PERSPEKTIF HUKUM ISLAM))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MASYARAKAT SEKITAR LOKALISASI DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI MASYARAKAT SEKITAR PASAR KEMBANG RW SOSROWIJAYAN KULON PERSPEKTIF HUKUM ISLAM))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara pria dengan wanita sebagai suami dan isteri dengan tujuan membangun keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Setiap keluarga pasti mendambakan hidup tenteram, penuh cinta dan kasih sayang. Lalu bagaimana jika sebuah keluarga dihadapkan dengan masyarakat yang kurang sehat sebab kurang berfungsi pranata sosial sebagaimana mestinya. Lingkungan sekitar lokalisasi misalnya, lingkungan ini adalah salah satu tempat yang penuh godaan dan rintangan bagi sebuah keluarga. Keberadaan lokalisasi yang kondisi sosialnya sebagian besar kurang memperhatikan norma agama tentu bisa menjadi ancaman terhadap keharmonisan keluarga. Tingkah laku yang dipraktikkan Pekerja Seks Komersial dengan pengunjung baik itu dalam berpakaian dan tutur kata juga tentu bisa mempengaruhi anak-anak yang tinggal di sekitar lokalisasi. Dalam konteks ini adalah lingkungan sekitar lokalisasi pasar kembang RW Sosrowijayan Kulon. Oleh sebab itu, penyusun mencoba untuk meneliti upaya masyarakat sekitar lokalisasi Pasar Kembang RW Sosrowijayan Kulon dalam mewujudkan keluarga sakinah Perspektif Hukum Islam. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana upaya masyarakat sekitar lokalisasi Pasar Kembang dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah di tengah-tengah godaan dan rintangan yang setiap saat bisa mengancam keberlangsungan keharmonisan keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan analisis data kualitatif, artinya data yang akan menjadi rujukan dalam penelitian ini adalah hasil dari fakta yang terjadi di lapangan yakni pada Masyarakat Sekitar Lokalisasi Pasar Kembang RW Sosrowijayan Kulon. metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan Observasi dan Wawancara. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan normatif yuridis pendekatan terhadap suatu persoalan yang didasarkan kepada nash-nash yang ada dipadukan dengan UU Perkawinan di Indonesia. Hasil dari penelitian ini, upaya yang dilakukan oleh Masyarakat Sekitar Lokalisasi Pasar Kembang RW Sosrowijayan Kulon dalam mewujudkan keluarga sakinah adalah yakni pertama, dengan cara membangun komunikasi yang baik. Kedua, hidup sabar, saling percaya, pengertian, dan saling mengingatkan. Ketiga, menerapkan prinsip musyawarah dalam menghadapi persoalan. Keempat, membekali pendidikan Islam kepada keluarga. Lingkungan sekitar tidak lantas menjadi alasan sebagai ancaman terhadap upaya membangun keluarga sakinah seperti yang telah dilakukan Masyarakat RW Sosrowijayan Kulon. Semua tergantung pada kesungguhan para penyelenggara rumah tangga dengan berbekal pengetahuan dan penghayatannya terhadap ajaran agama. Hal demikian justru dapat dimanfaatkan menjadi ladang untuk terus berdakwah di lingkungan sekitarnya sesuai dengan amanah Al-Qur’an surat al-Furqan (25): 74 yang di sebutkan di akhir ayat yaitu keluarga yang menjadi panutan bagi orang-orang yang bertaqwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. ERMI SUHASTI, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keluarga sakinah, masyarakat sekitar lokalisasi
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2015 08:54
Last Modified: 21 Sep 2015 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum