STUDI TENTANG PEMBAGIAN HARTA WARISAN DI KALANGAN KELUARGA PONDOK PESANTREN AL-GHOZALI BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

KIKI RIZQIYAH, NIM : 11350011 (2015) STUDI TENTANG PEMBAGIAN HARTA WARISAN DI KALANGAN KELUARGA PONDOK PESANTREN AL-GHOZALI BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG PEMBAGIAN HARTA WARISAN DI KALANGAN KELUARGA PONDOK PESANTREN AL-GHOZALI BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG PEMBAGIAN HARTA WARISAN DI KALANGAN KELUARGA PONDOK PESANTREN AL-GHOZALI BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam, selain itu pondok pesantren juga berdiri dalam rangka mengembangkan dakwah Islam. Salah satunya Pondok Pesantren al-Ghozali yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Sistem kekerabatan yang digunakan pada keluarga pesantren al-Ghozali ini adalah sistem kekerabatan patrilineal, sistem kekerabatan yang hubungan keluarga didasarkan pada hubungan kepada ayah (lakilaki). Pada keluarga ini sistem kekerabatannya disebut dengan nama Bani Alfatich Abdurrahim. Jika dilihat pada sistem kekerabatan yang mengutamakan garis keturunan laki-laki, apakah dalam hal pembagian waris juga mengutamakan laki-laki ataukah ada percampuran sistem kewarisan yang digunakan pada keluarga ini? dan faktor apa saja yang menjadi pertimbangan dalam memilih hukum waris yang digunakan? Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian (field research) dengan sumber data primer berupa wawancara dengan keluarga pondok pesantren Al-Ghozali Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Data penunjang berupa data tertulis yang berhubungan dengan penelitian ini. Jenis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan induktif dengan menggunakan Pendekatan normatif dan sosiologis. Adapun sifat penelitian ini adalah adalah deskriptif-analitik. Hasil dari penelitian ini adalah pembagian warisan pada keluarga Pondok Pesantren al-Ghozali telah sesuai dengan hukum Islam namun, cara pembagiannya berbeda-beda pada setiap keluarga, pertama, pada keluarga K.H.Alfatich pembagiannya menggunakan hukum Islam. Namun, setelah ahli waris mengetahui bagian masing-masing atas kesepakatan keluarga akhirnya harta waris dibagikan secara rata, dalam hukum Islam praktek seperti ini disebut taṣāluh. Kedua, pada keluarga K.H.Fajrunnajah Alfatich pembagian warisnya menggunakan sistem kewarisan hukum Islam yakni bagian laki-laki 2 kali bagian perempuan atau 2:1, bagian istri 1/8 dan bagian ibu 1/6 karena ada anak. Ketiga, pada keluarga H.Chusnurrofiq, atas kesepakatan bersama pembagian warisnya ditangguhkan sampai anak beliau yang bernama Firas Abu Mansur Almatudi berusia 19 tahun. Pembagian waris pada tiga keluarga tersebut telah sesuai dengan hukum Islam walaupun dengan cara yang berbeda-beda tetapi cara yang digunakan tidak menyimpang dalam hukum Islam, karena pembagian secara tasāluh merupakan pembagian waris yang dibolehkan dalam hukum Islam yakni dengan cara musyawarah agar tidak ada yang merasa dirugikan dengan bagian yang didapatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. A. MALIK MADANY, MA
Uncontrolled Keywords: Pembagian harta warisan, hukum waris
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2015 11:18
Last Modified: 21 Sep 2015 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17175

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum