TINJAUAN PELAKSANAAN PASAL 27 UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF OLEH LAZNAS DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA TAHUN 2014

LUTFI ABDURAHMAN, NIM: 11350012 (2015) TINJAUAN PELAKSANAAN PASAL 27 UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF OLEH LAZNAS DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA TAHUN 2014. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN PELAKSANAAN PASAL 27 UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF OLEH LAZNAS DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA TAHUN 2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN PELAKSANAAN PASAL 27 UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF OLEH LAZNAS DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID YOGYAKARTA TAHUN 2014)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan zakat dari tahun ke tahun semakin meningkat mencapai 30-40 persen seiring dengan peningkatan kualitas para amilnya. Pengumpulan zakat nasional tahun 2011 yang tercatat sebesar Rp 1,73 triliun atau naik 15,13 persen dibanding tahun 2010. Kemudian Pada tahun 2012, dana zakat yang terkumpul sekitar Rp 2,2 triliun dan meningkat di tahun 2013 menjadi Rp 2,4 triliun. Dan di tahun 2014 ini terkumpul sebanyak Rp 3,2 triliun. Namun hal ini berbanding terbalik dengan angka kemiskinan di Yogyakarta. Jumlah penduduk miskin di Daerah Istimewa Yogyakarta pada periode Maret 2009-Maret 2014 mengalami fluktuasi, meskipun ada kecenderungan menurun. Periode Maret 2009-Maret 2011, jumlah penduduk miskin mengalami penurunan, namun meningkat kembali pada September 2011-Maret 2012. Bahkan di Tahun 2013 Yogyakarta pernah menyandang dengan angka kemiskinan terbesar di pulau Jawa. Peran LAZ maupun BAZ dituntut secara maksimal dalam pengelolaan zakat. LAZNAS Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Yogyakarta sebagai salah satu LAZNAS yang diteliti dalam pengelolaannya, bagaimana praktik pengelolaan yang dilakukan dalam pengoptimalisasian zakat. Salah satu cara pengoptimalisasian zakat yang dilakukan oleh LAZNAS DPUDT tertuang dalam dua bentuk program produktif yaitu DTM (Desa Ternak Mandiri) dan MiSykat (Microfinance Syari’ah berbasis Masyarakat). Dalam menjalankan kedua program tersebut LAZNAS Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Yogyakarta, harus berkaca pada aturan hukum yang berlaku baik hukum secara normatif maupun hukum secara positif. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diperoleh penyusun berdasarkan data data lapangan, yaitu di LAZNAS Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Yogyakarta. Sifat penelitian ini bersifat deskriptifanalitik. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan yuridis-normatif, yaitu pendekatan masalah dengan melihat dan membahas suatu permasalahan dengan menitikberatkan pada aspek-aspek hukum. Apakah masalah masalah yang berada di LAZNAS Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Yogyakarta itu sesuai atau tidak jika diselesaikan berdasarkan hukum, baik hukum Islam maupun hukum positif. Adapun pihak yang diwawancarai dari pihak LAZNAS Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid sendiri terdiri dari tiga orang, yaitu kepala cabang, manajer pendayagunaan dan divisi MiSykat kemudian dari pelaksana program zakat produktif terdiri dari beberapa orang yang terdiri dari ketua, sekertaris, bendahara dan anggota dari masing-masing program. Hasil penelitian ini bahwa LAZNAS Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Yogyakarta telah melaksanakan pengelolaan zakat untuk usaha produktif yang dituangkan dalam dua program tersebut dengan baik dan sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku baik secara normatif maupun secara yuridis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. H. AGUS MOH. NAJIB, M.AG.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat, PELAKSANAAN PASAL 27 UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2015 14:54
Last Modified: 04 May 2016 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17176

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum