ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PEMBIAYAAN MURABBAHAAH PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA

KHAIRUS SHALIH, NIM. 10390066 (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PEMBIAYAAN MURABBAHAAH PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PEMBIAYAAN MURABBAHAAH PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA)
10390066_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PEMBIAYAAN MURABBAHAAH PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA)
10390066_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pembiayaan murabahah di Indonesia. Hal ini dilandasi pemahaman bahwa variabel produk domestik bruto, inflasi, BI rate dan marjin murabahah dianggap mempengaruhi banyaknya permintaan pembiayaan murabahah dari masyarakat. Untuk meyakinkan adanya pengaruh dari keempat variabel tersebut, digunakanlah teori permintaan konsumen dan teori permintaan uang yang kemudian akan dibuktikan dengan analisis data secara statistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel yang merupakan gabungan antara data cross section dan time series. Variabel permintaan pembiayaan murabahah sebagai data cross sectionnya dan produk domestik bruto, inflasi, BI rate, serta marjin murabahah sebagai data time seriesnya. Karena data yang digunakan merupakan data panel, sehingga analisis yang digunakan untuk menganalisa data tersebut adalah regresi data panel. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan menggunakan Eviews 6.0 dan STATA 12, model random effect terpilih sebagai model terbaik dalam mengestimasi data panel yang ada. Dari hasil uji F disimpulkan bahwa produk domestik bruto, inflasi, BI rate dan marjin murabahah secara bersama-sama berpengaruh terhadap permintaan pembiayaan murabahah. Secara parsial, produk domestik bruto dan inflasi berpengaruh positif terhadap permintaan pembiayaan murabahah. Sedangkan BI rate dan marjin murabahah tidak berpengaruh terhadap permintaan pembiayaan murabahah. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0.627856 yang mengartikan bahwa 62,78% dari variabel terikat yaitu permintaan pembiayaan murabahah dapat dijelaskan oleh variabelvariabel bebasnya yaitu produk domestik bruto, inflasi, BI rate dan marjin murabahah. Sisanya sebesar 37,22% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan kedalam model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. M. GHAFUR WIBOWO, S.E., M.Sc 2. DIAN NURIYAH SOLISSA, S.H.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: permintaan pembiayaan murabahah, produk domestik bruto, inflasi, BI rate dan marjin murabahah
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Sep 2015 11:19
Last Modified: 22 Sep 2015 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17196

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum