PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT, CORPORATE GOVERNANCE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2009-2013

DWI WAHYUDININGSIH, NIM. 10391042 (2015) PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT, CORPORATE GOVERNANCE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2009-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT, CORPORATE GOVERNANCE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2009-2013)
10391042_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT, CORPORATE GOVERNANCE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2009-2013)
10391042_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan penting pendirian perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan kemakmuran para investor atau pemegang saham, akan tetapi pada kenyataannya pihak agent atau manajer perusahaan sering mempunyai tujuan lain yang bertentangan dengan tujuan utama perusahaan dan prinsipal. Perbedaan kepentingan antara agen dan prinsipal menimbulkan kecenderungan pihak agen untuk mensejahterakaan dirinya sendiri dengan cara melakukan manajemen laba. Tindakan manajemen laba yang dilakukan manajer dapat merugikan investor dan kreditor serta dapat menurunkan kualitas laba yang dilaporkan sehingga investor kurang percaya pada laporan keuangan perusahaan tersebut dan enggan menanamkan modalnya di perusahaan tersebut yang berakibat pada menurunnya nilai perusahaan. Pelaksanaan good corporate governance yang memiliki aspek kewajaran, transparansi, pertanggungjawaban dan akuntabilitas dianggap dapat menjadi suatu jalan untuk mengurangi tindakan manajemen laba, dan juga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh earnings management, corporate governance, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Adapun corporate governance diproksikan dengan proporsi dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan kualitas audit. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang masuk di Daftar Efek Syariah periode 2009-2013 dengan menggunakan metode purposive sampling, didapatkan 16 perusahaan sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji statistik t menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan kualitas audit berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan earnings management, proporsi dewan komisaris independen dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil uji statistik F dapat disimpulkan bahwa earnings management, corporate governance, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang masuk di Daftar Efek Syariah tahun 2009-2013. Kata kunci: corporate governance, earnings management, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kualitas audit, nilai perusahaan, dan proporsi dewan komisaris independen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. MISNEN ARDIANSYAH, S.E., M.Si. Ak., CA 2. DIAN NURIYAH SOLISSA, S.H.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Lokasi, Pelayanan, Bagi hasil, dan Pengajuan Pembiayaan Muḍārabah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Sep 2015 11:29
Last Modified: 22 Sep 2015 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17202

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum