PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEKS

RIZA NOOR RACHMAWATI, NIM. 11390044 (2015) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEKS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEKS)
11390044_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEKS)
11390044_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen laba adalah suatu akivitas badan usaha yang memanfaatkan teknik dan kebijakan akuntansi guna mendapatkan hasil yang diinginkan. Dalam hal ini, hasil yang diinginkan oleh penyusun laporan keuangan-pengelola perusahaan dengan bantuan akuntan, baik akuntan internal maupun eksternaldapat berupa penyajian nilai laba atau aset yang lebih tinggi maupun lebih rendah., bergantung pada motivasi mereka malakukannya. Manajemen Laba muncul karena adanya agency conflicts, yang disebabkan oleh pemisahan antara kepemilikan dengan pengelolaan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh good corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Mekanisme good corporate governance yang digunakan pada penelitian ini antara lain: ukuran dewan komisaris, komisaris independen, komite audit, dan pemegang saham mayoritas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index pada tahun 2010-2013. Total sampel yang digunakan adalah 60 perusahaan yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda untuk menguji pengaruh good corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan variable ukuran dewan komisaris, komisaris independen, pemegang saham mayoritas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. DR. H. SYAFIQ MAHMADAH HANAFI, S.Ag, M.Ag. 2. DIAN NURIYAH SOLISSA, SHI, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Manajemen Laba, agency conflicts, good corporate governance, ukuran perusahaan.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Sep 2015 07:58
Last Modified: 25 Sep 2015 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum