ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP INFORMASI KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK TAHUN 2014 (STUDI PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH)

ZAHRA LARADIVA FARIZKA PUTRI HASSANY, NIM. 11390055 (2015) ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP INFORMASI KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK TAHUN 2014 (STUDI PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP INFORMASI KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK TAHUN 2014 (STUDI PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH))
11390055_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP INFORMASI KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK TAHUN 2014 (STUDI PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH))
11390055_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pasar modal merupakan instrumen perekonomian yang berperan strategis dalam pembangunan nasional, salah satu sumber pembiayaan di dunia usaha, serta sebagai wahana investasi bagi masyarakat. Potensi investor Indonesia yang memperhatikan aspek syari’ah dalam menginvestasikan dananya, mendorong berkembangnya pasar modal syari’ah di Indonesia. Perusahaan-perusahaan yang memenuhi berbagai kriteria emiten syari’ah akan masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES). Berdasarkan penelitian sebelumnya, meskipun masih terdapat perbedaan hasil penelitian, secara umum beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pasar modal Indonesia sudah efisien bentuk setengah kuat. Event studies merupakan metode pengujian efisiensi pasar bentuk setengah kuat guna menguji reaksi investor terhadap suatu peristiwa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji reaksi pasar terhadap event pengumuman kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tanggal 17 November 2014. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab apakah peristiwa tersebut memiliki nilai informasi bagi investor yang tercermin pada perubahan harga (diproksikan dengan abnormal return) dan volume perdagangan (diproksikan dengan trading volume activity) di pasar modal. Penelitian ini melakukan pengamatan pada 11 hari periode pengamatan (5 hari sebelum, 1 hari pengumuman, 5 hari sesudah). Sampel dipilih secara purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan yakni analisis uji t untuk mengetahui nilai signifikansi di hari-hari seputar peristiwa sebagai indikator penilaian terhadap kebermaknaan suatu informasi atas pengujian reaksi pasar. Hasil uji t (perbandingan t-hitung dengan t-tabel) di hari-hari seputar peristiwa menunjukkan terdapat abnormal return yang signifikan (menggunakan indikator cumulative average abnormal return) pada t-4, t-2, t-1, t+1, dan t+3 dan terhadap trading volume activity yang signifikan di seluruh waktu observasi. Hal ini menunjukkan bahwa peristiwa kenaikan harga BBM yang terjadi tahun 2014 memiliki kandungan informasi bagi investor berbasis syari’ah yang direfleksikan dengan perubahan harga dan volume yang terjadi pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di DES.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. SUNARSIH, S.E., M.Si. 2. Dr. IBNU MUHDIR, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pasar modal, hipotesis pasar efisien, kandungan informasi, abnormal return saham, aktivitas volume perdagangan saham.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Sep 2015 08:05
Last Modified: 25 Sep 2015 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum