ANALISIS DECEMBER EFFECT PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES)

FADILA FATHUL JANNAH, NIM. 11390099 (2015) ANALISIS DECEMBER EFFECT PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANALISIS DECEMBER EFFECT PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES))
11390099_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (ANALISIS DECEMBER EFFECT PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES))
11390099_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

December effect merupakan suatu anomali yang terjadi dalam pasar modal. Kenaikan harga-harga saham pada bulan Desember terjadi akibat adanya perilaku window dressing. Fund manager cenderung berusaha meningkatkan keuntungan perusahaan menjelang akhir tahun agar kinerja perusahaan terlihat lebih baik di mata investor dengan membeli saham-saham yang bernilai baik, dan hal ini dilakukan secara bersama-sama, sehingga harga-harga saham pada bulan Desember lebih tinggi dibandingkan dengan bulan lainnya. Pola anomali pasar modal ini secara historis sering terulang dan menjadi sebuah kebiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan reaksi pasar yang terjadi pada bulan Desember dengan bulan selain Desember. Jika terdapat perbedaan maka December effect terjadi di pasar modal Indonesia khususnya pada perusahaan yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES), begitu pula sebaliknya. Proksi yang digunakan untuk melihat reaksi pasar adalah return saham, abnormal return dan trading volume activity. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang secara konsisten masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) pada tahun 2010 sampai tahun 2013. Penelitian ini menggunakan data historis saham bulanan. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan karakteristik tertentu. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara return, abnormal return dan trading volume activity pada bulan Desember dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji non-parametrik Kruskal Wallis, karena data yang diperoleh tidak terdistribusi normal. Hasil analisis penelitian pada return saham dan abnormal return membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada bulan Desember dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, tetapi perbedaan tersebut tidak dapat menunjukkan bahwa bulan Desember memiliki rata-rata return dan abnormal return yang lebih tinggi dibandingkan dengan bulan lainnya, sehingga December effect tidak terjadi pada perusahaan yang masuk dalam Daftar Efek Syariah periode 2010-2013. Pada pengujian trading volume activity tidak dapat membuktikan adanya perbedaan reaksi pasar pada bulan Desember dengan bulanbulan lainnya, hal ini menunjukkan bahwa tidak terjadi anomali December effect di pasar modal Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : SUNARSIH, SE., M.Si. DRS. AKH. YUSUF KHOIRUDDIN, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keyword: December effect, anomali pasar modal, hipotesis pasar efisien, return, abnormal return, trading volume activity.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Sep 2015 08:18
Last Modified: 25 Sep 2015 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum