TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP FUNGSI AKTA NIKAH (STUDI TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)

AFIFAH ZAKIYAH SUFA, NIM. 11350031 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP FUNGSI AKTA NIKAH (STUDI TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP FUNGSI AKTA NIKAH (STUDI TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP FUNGSI AKTA NIKAH (STUDI TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Akta Nikah adalah suatu tulisan yang sengaja dibuat untuk dipakai sebagai bukti suatu perbuatan hukum, yaitu perkawinan. Adapun fungsi Akta Nikah adalah alat bukti otentik suatu perkawinan, guna menjamin ketertiban perkawinan. Pada kenyataannya, ada sebagian masyarakat yang tidak mencatatkan perkawinan, sehingga tidak memiliki Akta Nikah. Hal tersebut juga terdapat dalam masyarakat Desa Maguwoharjo Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. Oleh karena itu, penyusun tertarik untuk mengungkapkan pemahaman masyarakat Desa Maguwoharjo terhadap fungsi Akta Nikah, faktor-faktor yang melatarbelakangi tidak mencatatkan perkawinan dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemahaman masyarakat Desa Maguwoharjo tentang fungsi Akta Nikah. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian yang datanya diambil langsung pada pasangan yang tidak mempunyai Akta Nikah di Desa Maguwoharjo. Sifat penelitian ini adalah preskriptif, yaitu penelitian yang ditujukan menggali bagaimana pemahaman masyarakat Desa Maguwoharjo tentang fungsi Akta Nikah, apakah sesuai atau tidak dengan hukum Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah normatif yuridis. Pendekatan normatif, yaitu menggunakan sudut pandang hukum Islam dengan ayat-ayat al-Qur‟an dan kaidah fiqhiyyah. Pendekatan yuridis yang dipakai adalah ketentuan UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan KHI yang menjelaskan tentang fungsi Akta Nikah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara induktif, yaitu menguraikan data dari lapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan kerangka deduktif berupa dalil al-Qur‟an, kaidah fiqhiyyah dan per-Undang-Undangan (UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam. Didukung dengan teori sosiologi guna menganalisis faktor-faktor yang melatarbelakangi masyarakat Desa Maguwoharjo tidak mencatatkan perkawinan mereka. Hasil penelitian tentang pemahaman masyarakat Desa Maguwoharjo terhadap fungsi Akta Nikah diperoleh kesimpulan, bahwa masyarakat Desa Maguwoharjo memiliki pemahaman tersendiri terhadap fungsi Akta Nikah, yaitu sebagai alat bukti dan syarat pemberkasan. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi tindakan tersebut adalah: pengetahuan masyarakat dalam ilmu agama, terbatas biaya, akibat hamil sebelum perkawinan, pernikahan di bawah tangan dirasa praktis dan tidak merepotkan dan tidak adanya surat talak atau cerai. Pemahaman masyarakat terhadap fungsi Akta Nikah ditinjau dari hukum Islam dengan normatif maka telah sesuai dengan kaidah fiqhiyyah dan ditinjau dengan yuridis maka telah sesuai dengan perundangan-undangan (Kompilasi Hukum Islam). Secara keseluruhan masyarakat tersebut telah memahami fungsi dari Akta Nikah, tetapi tidak diiringi dengan tindakan, hanya sebatas pemahaman saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SITI DJAZIMAH, S.Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: AKTA NIKAH
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Sep 2015 14:28
Last Modified: 25 Sep 2015 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum