TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN DALAM MENYELESAIKAN PERSELISIHAN PERKAWINAN AKIBAT NUSYUZ DAN SYIQAQ (STUDI KASUS BP4 KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2014)

DEWI SEPTIYANI, NIM. 11350035 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN DALAM MENYELESAIKAN PERSELISIHAN PERKAWINAN AKIBAT NUSYUZ DAN SYIQAQ (STUDI KASUS BP4 KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN DALAM MENYELESAIKAN PERSELISIHAN PERKAWINAN AKIBAT NUSYUZ DAN SYIQAQ (STUDI KASUS BP4 KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2014))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN DALAM MENYELESAIKAN PERSELISIHAN PERKAWINAN AKIBAT NUSYUZ DAN SYIQAQ (STUDI KASUS BP4 KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2014))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (898kB)

Abstract

BP4 Kota Yogyakarta adalah lembaga yang berperan sebagai mediator suami istri yang berselisih dan dapat didamaikan oleh BP4 tanpa datang ke Pengadilan Agama. Lembaga ini membantu masyarakat untuk menyelesaikan masalah keluarga yang sedang dihadapi sebelum diajukkan ke Pengadilan Agama. Perselisihan dalam perkawinan sangat mempengaruhi keharmonisan dalam rumah tangga dan apabila tidak terselesaikan dengan segera maka akan terjadi pertengkaran atau perselisihan yang berkepanjangan. Dengan demikian masalah yang dihadapi akan menambah sulitnya perselisihan tersebut didamaikan. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian kepada peran BP4 Kota Yogyakarta dalam menyelesaikan perselisihan akibat nusyuz dan syiqaq serta pandangan hukum Islam terhadap peran BP4 Kota Yogyakarta sebagai hakam untuk mendamaikan pasangan suami istri yang berselisih. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang diperoleh dari BP4 Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara kepada 6 penasihat yang menjadi relawan di BP4 Kota Yogyakart, penasihat tersebut dari 6 penasihat hanya 1 yang mempunyai sertifikat mediator. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analisis, yaitu penelitian yang menggambarkan, menguraikan, dan menganalisa realita yang dialami penasihat BP4 Kota Yogyakarta. Pendekatan ini menggunakan pendekatan normatif yuridis yaitu pendekatan yang berlandaskan pada Al-Qur‟an, al-Hadis, para ulama fikh serta dengan Peraturan Menteri Agama No. 3 Tahun 1975 Pasal 28 ayat (3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran BP4 belum optimal dan BP4 di Pengadilan Agama dapat membantu penyelesaian kasus, walaupun belum dapat diselesaikan secara baik, dikarenakan BP4 dalam melaksanakan tugasnya banyak menemui kendala atau hambatan. Faktor penghambat dalam keberhasilan program BP4 tersebut adalah masyarakat yang tidak banyak menggunakan jasa BP4 Kota Yogyakarta sebagai lembaga jasa pelayanan konsultasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. HJ. ERMI SUHASTI SYAFE’I, M.SI
Uncontrolled Keywords: Perselisihan perkawinan
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Sep 2015 08:25
Last Modified: 28 Sep 2015 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17273

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum