TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN PENDAHULUAN JUAL BELI PERUMAHAN PADA PT. RUMAH CERDAS YOGYAKARTA (STUDY KASUS DI PERUMAHAN GRIYA KEMBANG PUTIH)

SUSI NURKHOLIDAH, NIM. 11380060 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN PENDAHULUAN JUAL BELI PERUMAHAN PADA PT. RUMAH CERDAS YOGYAKARTA (STUDY KASUS DI PERUMAHAN GRIYA KEMBANG PUTIH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN PENDAHULUAN JUAL BELI PERUMAHAN PADA PT. RUMAH CERDAS YOGYAKARTA (STUDY KASUS DI PERUMAHAN GRIYA KEMBANG PUTIH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN PENDAHULUAN JUAL BELI PERUMAHAN PADA PT. RUMAH CERDAS YOGYAKARTA (STUDY KASUS DI PERUMAHAN GRIYA KEMBANG PUTIH))
BAB II, III, IV.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai makhluk sosial, rumah merupakan salah satu kebutuhan manusia setelah pangan dan sandang. Faktor sempitnya lahan dalam pembangunan rumah dan minat masyarakat untuk membeli rumah murah menjadi suatu alternatif yang dipilih untuk membeli secara angsuran atau cicilan. Program pemerintah mengenai pembelian secara angsuran (subsidi) menarik banyak developer untuk mengadakan pembangunan perumahan murah yang berpedoman kepada peraturan KepMenPeRa tersebut. Kecerdikan promosi membuat banyak konsumen tertarik pada iklan yang ditawarkan oleh PT. Rumah Cerdas sebagai pihak kontraktor atau pembangunan calon perumahan Griya Kembang Putih, sehingga sebelum pembangunan dilaksanakan, pihak perusahaan dengan konsumen membuat suatu perjanjian pendahuluan jual beli perumahan sebelum dibuat akta jual beli. Pelaksanaan dari perjanjian tersebut menimbulkan wanprestasi yaitu setelah lewat dari jangka waktu, pembangunan perumahan tersebut terbengkalai termasuk fasilitas umum dan fasilitas sosial. Penelitian ini merupakan penelitian field research yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan meliputi observasi secara langsung dan wawancara dalam bentuk tertulis dan lisan kepada konsumen PT. Rumah Cerdas dan pihak perusahaan. Studi kepustakaan dilakukan dengan cara mendokumentasikan bentuk perjanjian pendahuluan jual beli perumahan dan literatur yang berhubungan dengan penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik yaitu penelitian yang menjelaskan permasalahan dan menganalisis suatu masalah tersebut dalam pelaksanaan perjanjian pendahuluan jual beli perumahan apakah sesuai dengan hukum Islam atau tidak. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan yuridis normatif yaitu didasarkan hukum positif serta berlandaskan Al- Qur’an dan Al-Hadis. Setelah dilakukan penelitian, akad yang dilakukan di dalam perjanjian pendahuluan jual beli perumahan pada PT. Rumah Cerdas telah memenuhi rukun dan syarat-syarat perjanjian menurut hukum Islam, tujuan akad dilaksanakan dan para pihak menyatakan kerelaan atas isi dari perjanjian tersebut. Dalam pelaksanaannya, keterlambatan dalam pembangunan dikarenakan belum adanya dana dari pihak PT. Rumah Cerdas dan menganggap bantuan dari pemerintah yang memiliki program rumah bersubsidi. Menurut pandangan hukum Islam terhadap Pelaksanaan perjanjian pendahuluan jual beli perumahan, perjanjian PT. Rumah Cerdas tidak sesuai dengan asas-asas di dalam bermualamat yaitu asas keseimbangan, kemaslahatan, asas amanah dan asas keadilan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PROF. DR. H. SYAMSUL ANWAR, MA.
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM, PERJANJIAN, JUAL BELI, PERUMAHAN
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:19
Last Modified: 05 Oct 2015 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum