IMPLIKASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KH. MUFID MAS’UD TERHADAP PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN, YOGYAKARTA

ZULFIKAR FAHMI, NIM: 10520007 (2015) IMPLIKASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KH. MUFID MAS’UD TERHADAP PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KH. MUFID MAS’UD TERHADAP PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN, YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KH. MUFID MAS’UD TERHADAP PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN, YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang telah lama berperan dalam kehidupan keberagamaan masyarakat Indonesia. Keberadaan pondok pesantren menjadi pondasi dasar untuk mempertahankan ajaran agama Islam dan kiai menjadi pemimpin yang meneruskan ajaran Islam dari Nabi Muhammad SAW. Kepemimpinan Kiai sebagai elemen yang penting dalam pesantren menjadi pembahasan yang menarik karena kiai mempunyai gaya kepemimpinan yang berbeda satu dengan lainnya. Kiai menjadi sentral yang memberikan warna tersendiri bagi keberlangsungan lembaga pendidikan, kiai merupakan tokoh panutan masyarakat yang diharapkan mampu menjawab harapan masyarakat baik dunia maupun akhirat. Salah satu dari model kepemimpinan yaitu kepemimpinan transformasional yang dianggap penulis sebagai model yang sesuai dengan perkembangan tempat dan waktu. Dalam skripsi ini, penulis berusaha mengkaji kepemimpinan transformasional KH. Mufid Mas’ud serta berusaha melihat dari dekat pengaruhnya terhadap perilaku para santri untuk berbuat sesuai yang diharapkan oleh sang kiai. Kepemimpinan transformasional mempunyai konsep yang menjadikan seorang pemimpin mampu memberikan harapan yang diinginkan oleh para pengikut bahkan mampu memberikan harapan yang lebih. Dalam penelitian yang penulis lakukan kepemimpinan KH. Mufid Mas’ud mampu memberikan pengaruh agar para santri mampu melakukan sesuai keinginan sang kiai dan menjawab harapan-harapan para santri Para santri mampu membuat pesantren-pesantren yang serupa dengan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran sehingga menjadikan para santri pemimpin-pemimpin yang mampu meneruskan citacita dari sang pemimpin awal, hal tersebut selaras yang disampaikan oleh Burn, bahwa tugas dari pemimpin transformasional mampu membuat sistem untuk menjadikan pengikut menjadi pemimpin demi turut aktif dalam perubahan dunia yang lebih baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Rifai Abdullah, MA.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Perilaku, Pondok Pesantren
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:20
Last Modified: 05 Oct 2015 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum