PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH, MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARI’AH DI INDONESIA

ZULIANA ROVIQOH, S.E.I., NIM: 1220311051 (2015) PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH, MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARI’AH DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH, MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARI’AH DI INDONESIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH, MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARI’AH DI INDONESIA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bank memiliki peranan yang strategis dalam menunjang pelaksanaan pengembangan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya. Salah satu sumber penghasilan terbesar bagi perbankan adalah kredit atau pembiayaan. Selain sebagai salah satu sumber penghasilan terbesar, rapuhnya perbankan juga dapat diakibatkan oleh proporsi pembiayaan yang besar pula. Akibatnya, risiko kerugian bank atas angsuran pembiayaan yang tidak lancar secara langsung akan berpengaruh terhadap profitabilitas bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat risiko pembiayaan murabahah (Non performing financing murabahah), mudharabah dan musyarakah terhadap profitabilitas ROA pada bank umum syari’ah di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syari’ah di Indonesia. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive samplingm, di mana perbankan syari’ah dalam kurun waktu penelitian sudah menjadi Bank Umum Syari’ah dan telah mempublikasikan laporan keuangan tahunan selama periode tahun 2010-2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari web resmi bank yang bersangkutan dan data moneter Bank Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi Berdasarkan uji asumsi klasik menunjukkan bahwa persamaan regresi yang digunakan lolos uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat risiko pembiayaan murabahah, mudharabah dan musyarakah secara simultan berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas (ROA). Secara parsial, hanya variabel pembiayaan murabahah yang mempengaruhi secara signifikan terhadap profitabilitas, Sedangkan pembiayaan mudharabah dan musyarakah tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA. Hal ini dikarenakan kebijakan penyaluran dana mudharabah perbankan syari’ah lebih diarahkan kepada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan akad musyarakah merupakan pembagian bagi hasil atau proyeksi angsuran pembiayaan yang tidak menentu sesuai dengan kondisi bisnis. Kata Kunci: Murabahah, Mudharabah, Musyarakah, ROA dan Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Murabahah, Mudharabah, Musyarakah, ROA dan Profitabilitas.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Oct 2015 09:45
Last Modified: 05 Oct 2015 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum