Nurul Sinto Ambawani, NIM.: 04141839 (2008) PERAN PERPUSTAKAAN MAN GANDEKAN BANTUL SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN PERPUSTAKAAN MAN GANDEKAN BANTUL SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PERAN PERPUSTAKAAN MAN GANDEKAN BANTUL SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Peran perpustakaan dalam hubungannya dengan kegiatan belajar mengajar pada siswa di lingkungan madrasah sangat diperlukan. Selain sebagai pusat pembelajaran, perpustakaan juga berperan sebagai agen perubahan bagi para siswa yaitu dapat melatih diri siswa untuk menjadi siswa yang lebih aktif, kreatif maupun berpikir kritis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apa saja peran yang dimiliki oleh perpustakaan MAN Gandekan Bantul dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakanmetode deskriptif kualitatif dan hanya mempunyai satu variabel yaitu peran perpustakaan MAN Gandekan Bantul sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Untuk memperoleh data yang valid, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi pustaka.Semua data akan dianalisis menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi, sedangkan uji kesahihan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian diketahui bahwa perpustakaan MAN Gandekan Bantul secara umum mempunyai empat peran pokok, di antaranya ialah pusat kegiatan belajar mengajar , pusat penelitian sederhana, pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif, serta pusat belajar mandiri bagi siswa. Mengingat perpustakaan madrasah sangat berpengaruh terhadap proses kegiatan belajar mengajar, maka diharapkan kepada pihak madrasah untuk meningkatkan faktor penunjang khususnya koleksi perpustakaan agar proses kegiatan belajar mengajar di madrasah dapat berjalan dengan lancar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Tafrikhuddin, S.Ag, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan Madrasah, Kegiatan Belajar Mengajar, Peran Perpustakaan |
Subjects: | 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027.8 School Libraries/Perpustakaan Sekolah |
Divisions: | Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 14:09 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 14:13 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1739 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |