PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS BANK (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri)

TULASMI, NIM: 1320310029 (2015) PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS BANK (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS BANK (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS BANK (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perbedaan karakteristik antara bank syariah dengan bank konvensional memungkinkan keduanya memiliki performa keuangan yang berbeda meskipun berada pada kondisi perekonomian yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan serta menguji pengaruh faktor internal dan variabel makro ekonomi terhadap profitabilitas bank syariah dan bank konvensional. Faktor internal terdiri atas faktor permodalan, likuiditas, efisiensi, dan tingkat risiko pembiayaan. Variabel makro ekonomi berupa tingkat inflasi, suku bunga SBI dan nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS. Variabel dependen berupa Return On Asset dan Return On Equity, sedangkan variabel independen berupa Capital Adequacy Ratio, Financing To Deposits Ratio/ Loan To Deposits Ratio, Rasio Biaya Operasional-Pendapatan Operasional, Non Performance Financing/ Non Performing Loan, Tingkat Inflasi, Tingkat Suku Bunga SBI dan perubahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS. Sampel yang digunakan adalah Bank Syariah Mandiri (BSM) dan Bank Mandiri (BM). Pengujian data yang diperoleh pada periode 2005-2014, melalui tahap uji beda mean, stasioneritas data, uji kointegrasi, uji asumsi klasik dan selanjutnya membentuk Error Correction Model (ECM). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kinerja keuangan BSM yang diukur dengan indikator ROE, CAR, FDR, dan NPF, lebih baik daripada BM. Sedangkan dari sisi pengukuran ROA dan BOPO, BM menunjukkan kinerja yang lebih baik. Hasil uji t atas persamaan ECM menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap profitabilitas Bank Mandiri adalah CAR, LDR, BOPO, NPL, Tingkat Inflasi, dan Tingkat Suku Bunga SBI. Sementara itu faktor-faktor yang berpengaruh terhadap profitabilitas Bank Syariah Mandiri adalah CAR, BOPO, NPF, Tingkat Inflasi, Tingkat Suku Bunga SBI dan Nilai Tukar Rupiah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh faktor internal dan variabel makro ekonomi, antara Bank Mandiri dengan Bank Syariah Mandiri. Kata kunci: bank syariah, bank konvensional, Return On Asset dan Return On Equity , Capital Adequacy Ratio, Financing To Deposits Ratio/ Loan To Deposits Ratio, BOPO, Non Performance Financing/ Non Performing Loan, Tingkat Inflasi, Tingkat Suku Bunga SBI, perubahan kurs.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. Akhsyim Afandi, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: bank syariah, bank konvensional, Return On Asset dan Return On Equity , Capital Adequacy Ratio, Financing To Deposits Ratio/ Loan To Deposits Ratio, BOPO, Non Performance Financing/ Non Performing Loan, Tingkat Inflasi, Tingkat Suku Bunga SBI, perubahan kurs.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Oct 2015 07:39
Last Modified: 07 Oct 2015 07:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum