CITRA PUSTAKA, PERPUSTAKAAN, DAN PUSTAKAWAN DALAM NOVEL BERTEMA KEPUSTAKAAN (ANALISA EMPAT NOVEL : ISTRI SANG PENJELAJAH WAKTU; PERPUSTAKAAN AJAIB BIBBI BOKKEN; MATA RANTAI ALEKSANDRIA; DAN LIBRI DI LUCA)

USWATUN HASANAH, SIP, NIM. 1320010015 (2015) CITRA PUSTAKA, PERPUSTAKAAN, DAN PUSTAKAWAN DALAM NOVEL BERTEMA KEPUSTAKAAN (ANALISA EMPAT NOVEL : ISTRI SANG PENJELAJAH WAKTU; PERPUSTAKAAN AJAIB BIBBI BOKKEN; MATA RANTAI ALEKSANDRIA; DAN LIBRI DI LUCA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CITRA PUSTAKA, PERPUSTAKAAN, DAN PUSTAKAWAN DALAM NOVEL BERTEMA KEPUSTAKAAN (ANALISA EMPAT NOVEL : ISTRI SANG PENJELAJAH WAKTU; PERPUSTAKAAN AJAIB BIBBI BOKKEN; MATA RANTAI ALEKSANDRIA; DAN LIBRI DI LUCA))
1320010015_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (CITRA PUSTAKA, PERPUSTAKAAN, DAN PUSTAKAWAN DALAM NOVEL BERTEMA KEPUSTAKAAN (ANALISA EMPAT NOVEL : ISTRI SANG PENJELAJAH WAKTU; PERPUSTAKAAN AJAIB BIBBI BOKKEN; MATA RANTAI ALEKSANDRIA; DAN LIBRI DI LUCA))
1320010015_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra pustaka, perpustakaan, dan pustakawan dalam novel bertema kepustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian sastra dengan fokus kajian pada citra pustaka, perpustakaan, dan pustakawan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membaca dan mencatat. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer empat novel yaitu Istri Sang Penjelajah Waktu, Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken, Mata Rantai Aleksandria, dan Libri di Luca. Untuk menganalisa novel digunakan analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat dua varian citra, yaitu positif dan negatif. Citra positif pustaka: menjadi sarana rekreasi, pengantar tidur, cerminan dari pustakawan, menjadikan pintar, santapan, memperkuat imajinasi, memberikan pencerahan, barang berharga, menjadi sahabat, mempengaruhi keputusan, saling melengkapi antar pustaka, memiliki banyak peran, alat identifikasi, dan sarana biblioterapi. Citra negatif pustaka : sebutan “kutu buku”, alat untuk mencuci otak, senjata pembunuh seseorang. Citra positif perpustakaan : tempat sumber ilmu berkumpul, berharga, adabtable, sebuah warisan, eksklusif, indah megah dan menakjubkan, sebagai sarana rekreasi dan memiliki sejarah yang mengagumkan. Citra negatif perpustakaan : menyeramkan, penuh debu, pengorganisasian angka Dewey yang rumit dan susah berkembang, serta tempat lelucon dan fakta. Citra positif pustakawan : suka membantu mencarikan informasi, menyukai buku membaca dan menulis, berjiwa sosial, sosok menantu idaman, berpengetahuan luas, terdidik, menyukai sistem Dewey, awet muda dan cerdas, menjaga ilmu pengetahuan, profesi kehormatan, dan memiliki akses tinggi terhadap informasi. Citra negatif pustakawan: seorang wanita berkaca mata dan agak menyebalkan, berkutat pada pekerjaan teknis, profesi yang kurang dihargai, dan menjadi bahan ejekan. Citra-citra yang terbentuk dalam novel bertema kepustakaan didominasi oleh citra jenis mirror image, current image, multiple image, dan corporate image. Tidak ada citra jenis wish image. Citra-citra tersebut sebagian besar dibentuk oleh persepsi dan kognisi. Implementasi novel kepustakaan terhadap realita dunia perpustakaan ada lima, yaitu: 1) setiap orang yang disebut pustakawan adalah mereka yang berpendidikan tinggi ilmu perpustakaan; 2) pengorganisasian koleksi yang menggunakan DDC; 3) pustaka dapat digunakan sebagai sarana biblioterapi; 4) perpustakaan memiliki sejarah yang mengagumkan; dan 5) fungsi perpustakaan sebagai media rekreasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurul Hak, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: citra pustaka; citra perpustakaan; citra pustakawan; novel kepustakaan; istri sang penjelajah waktu; perpustakaan ajaib bibbi bokken; mata rantai aleksandria; libri di luca
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Sep 2015 14:39
Last Modified: 07 Mar 2024 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17394

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum