PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS LINGKUNGAN DI DESA GILANGHARJO PANDAK KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS LEMBAGA COMMUNITY DEVELOPMENT YAYASAN SUARA BHAKTI)

MOHAMMAD SOFIANDI. S. SOS. I, NIM. 1320012037 (2015) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS LINGKUNGAN DI DESA GILANGHARJO PANDAK KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS LEMBAGA COMMUNITY DEVELOPMENT YAYASAN SUARA BHAKTI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS LINGKUNGAN DI DESA GILANGHARJO PANDAK KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS LEMBAGA COMMUNITY DEVELOPMENT YAYASAN SUARA BHAKTI))
1320012037_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS LINGKUNGAN DI DESA GILANGHARJO PANDAK KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS LEMBAGA COMMUNITY DEVELOPMENT YAYASAN SUARA BHAKTI))
1320012037_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah sebuah proses dan tujuan. Sama halnya dengan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh lembaga Community Development Yayasan Suara Bhakti. Lembaga ini melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat peternak ibu-ibu gaduhan (bagi hasil antara pemilik dan pemelihara) di Dusun Krekah (Nogosari), tema pemberdayaan yang mereka usung adalah pemberadayaan masyarakat berbasis lingkungan. Sesudah itu, mereka mendirikan program CTC (Community Training Center) di Dusun Krekah (Nogosari), CTC tidak hanya program tetapi juga berbentuk bangunan. CTC mempunyai dua tujuan, pertama sebagai percontohan di bidang pertanian dan kedua mengeluarkan sapi-sapi petani gaduhan dari rumah mereka, karena sebelum CTC berdiri banyak peternak gaduhan yang mencampur kandang sapi dengan dapur mereka. Hal yang demikian membahayakan kesehatan mereka. CTC mengusung tema IFS (Integrated farming system/sistem pertanian yang terpadu). CTC berdiri pada tahun 2002, dalam komplek CTC, ada beberapa bagian bangunan, di antaranya Kolam Ikan, Tabung Biogas, Kandang sapi, bagianbagian ini merupakan contoh integrated farming system. Sesudah mereka memindahkan sapi-sapi mereka ke kandang, lembaga ini membentuk kelompok Ternak-Tani Mekarsari. Ada beberapa hasil yang sudah dicapai dari pemberdayaan masyarakat terhadap peternak Mekarsari di Dusun itu, pertama ada tiga kelompok keluarga (KK) yang membuat tabung biogas, kedua peternakpeternak sapi sudah mengeluarkan sapi-sapi mereka dari rumah mereka, dan ketiga pengetahuan tentang sistem pertanian mereka dapatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, MA., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Key words: Pemberdayaan, Integrated Farming System, CommunityTraining Center dan, Community Development Yayasan Suara Bhakti.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Sep 2015 15:33
Last Modified: 30 Sep 2015 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17411

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum