TINJAUAN MAQASID SYARI‘AH TERHADAP KEHIDUPAN POLIGAMI PADA KELUARGA MISKIN (Studi Kasus Empat Keluarga di Kecamatan Karanggede dan Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali)

INNA FAUZIATAL NGAZIZAH, NIM: 1320311018 (2015) TINJAUAN MAQASID SYARI‘AH TERHADAP KEHIDUPAN POLIGAMI PADA KELUARGA MISKIN (Studi Kasus Empat Keluarga di Kecamatan Karanggede dan Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN MAQASID SYARI‘AH TERHADAP KEHIDUPAN POLIGAMI PADA KELUARGA MISKIN (Studi Kasus Empat Keluarga di Kecamatan Karanggede dan Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN MAQASID SYARI‘AH TERHADAP KEHIDUPAN POLIGAMI PADA KELUARGA MISKIN (Studi Kasus Empat Keluarga di Kecamatan Karanggede dan Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kehidupan merupakan suatu hal yang pasti bagi setiap manusia yang terlahir ke dunia. Manusia dalam perjalanan kehidupannya membutuhkan banyak hal untuk melengkapi hidupnya dan arahan untuk membantu manusia menemukan jalan kebahagiaan dalam hidupnya. Manusia juga bersifat sosial, maka dari itu manusia membutuhkan manusia yang lain untuk hidup secara berdampingan, maka dari itu diperlukan adanya pembentukan kelompok kecil yang disebut keluarga untuk membentuk kelompok yang lebih besar yang disebut masyarakat. Kehidupan kelompok kecil dan besar sama-sama membutuhkan suatu arahan yang berbeda. Arahan yang berasal dari agama yang dianutnya. Agama kemudian membentuk tujuan-tujuan dalam ajarannya dan Islam merupakan agama yang mempunyai tujuan-tujuan ajarannya yang terbentuk dalam konsep yang disebut maqasid syari‘ah. Maqasid syari‘ah yang akan membantu kelompok besar dan kelompok kecil dalam kebahagiaan hidup. Kehidupan yang baik dalam kelompok kecil (keluarga) sangat berpengaruh pada kehidupan kelompok yang besar (masyarakat). Maka kehidupan keluarga dalam penelitian ini sangat penting untuk dikaji. Penelitian ini memfokuskan pada kehidupan keluarga poligami yang diketahui menimbulkan persoalan. Fokus penelitian ini merujuk pada kehidupan polgami pada keluarga miskin. Kehidupan poligami pada empat keluarga miskin dilakukan di dua kecamatan yang berbeda yang terletak di kabupaten Boyolali Jawa Tengah sebagai contoh kasus nyata yang tengah terjadi di masyarakat kita. Penelitian kemudian menggunakan pendekatan maslahah dengan memadukan teori-teorinya. Teori yang telah terumuskan dalam konsep maqasid syari‘ah kemudian dielaborasi kembali oleh penulis untuk disesuaikan dengan konsep yang terbaru yang jelas tidak lepas dari konsep dasar maqasid syari‘ah itu sendiri (penjagaan agama, jiwa, akal, harta dan keturunan). Hasil penenelitian menunjukan bahwa kehidupan keluarga poligami pada keluarga miskin jauh dari keluarga ideal dan rentan timbulnya krisis keluarga. Keluarga ideal yang memainkan laki-laki sebagai suami yang berperan sebagai pencari nafkah, pemberi pendidikan, menjadi teladan yang baik dan pemberi kasih sayang serta kebahagiaan bagi setiap individunya. Sedangakan krisis keluarga yang terjadi pada kehidupan keluarga poligami disebabkan oleh kurangnya dasar pembangunan agama, sosial, budaya dan ekonomi yang menyebabkan anggota yang terdapat dalam keluarga seperti ini jauh dari komunikasi yang baik diantara sesama anggota keluarga, sikap egosentrisme dan persoalan yang terjadi dalam setiap kehidupan poligami pada keluarga miskin. Key Word: Maqasid Syari‘ah, Kehidupan, Keluarga, Poligami, Miskin

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Khoiruddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Maqasid Syari‘ah, Kehidupan, Keluarga, Poligami, Miskin
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2015 07:54
Last Modified: 06 Oct 2015 07:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum