KOMPARASI PEMBIAYAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PEMERINTAH DENGAN DANA OBLIGASI KONVENSIONAL DAN OBLIGASI SYARIAH / SUKUK (Studi Kasus Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera)

ACHMAD HELMI, NIM: 1320311027 (2015) KOMPARASI PEMBIAYAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PEMERINTAH DENGAN DANA OBLIGASI KONVENSIONAL DAN OBLIGASI SYARIAH / SUKUK (Studi Kasus Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI PEMBIAYAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PEMERINTAH DENGAN DANA OBLIGASI KONVENSIONAL DAN OBLIGASI SYARIAH / SUKUK (Studi Kasus Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI PEMBIAYAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PEMERINTAH DENGAN DANA OBLIGASI KONVENSIONAL DAN OBLIGASI SYARIAH / SUKUK (Studi Kasus Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan infrastruktur memegang peranan yang sangat fital bagi perekonomian nasional. Hal ini dikarenakan gerak laju dan pertumbuhan ekonomi disuatu negara tidak dapat dipisahkan dari ketersediaan infrastruktur seperti transportasi, komunikasi, dan juga ketersediaan energi. Fakta tersebut sudah semakin disadari oleh Pemerintah kekurangan dana karena hanya mampu menyediakan pendanaan sebesar sepertiga dari total kebutuhan dana infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk membangun konsep alternatif pembiayaan infrastruktur dengan sistem keuangan syariah dengan komparasi pembiayaan pembangunan infrastruktur pemerintah dengan dana obligasi konvensional dan obligasi syariah/sukuk Penelitian menggunakan metodologi kualitatif, dilakukan dengan proses diskusi dan studi literatur dalam rangka mendapatkan informasi serta uji hipotesis. Dari analisis pembahasan dapat disimpulkan bahwa tingkat keuntungan obligasi infrastruktur menggunakan sukuk ishtishna’ dan sukuk musyarakah bil ijarah lebih menguntungkan dari pada menggunakan obligasi konvensional. Dengan menggunakan sukuk ishtishna’ dan sukuk Musyarakah bil Ijarah, pemerintah akan mendapatkan dana dari masyarakat dengan penyertaan modal pemerintah minimal. Hal tersebut bisa diaplikasikan untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur pemerintah yang diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi sehingga dapat menutup kebutuhan kekurangan anggaran pembangunan jalan tol trans sumatera dalam mempercepat penguatan konektivitas nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembangunan infrastruktur, dana obligasi, obligasi syariah,
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2015 11:10
Last Modified: 06 Oct 2015 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17418

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum