BIMBINGAN PERKAWINAN ISLAM DAN KATOLIK (Studi Komparasi Pedoman Perkawinan Islam dan Katolik di Kota Yogyakarta)

MUHAMMAD HUSNUL, S.Sy., NIM: 1320311028 (2015) BIMBINGAN PERKAWINAN ISLAM DAN KATOLIK (Studi Komparasi Pedoman Perkawinan Islam dan Katolik di Kota Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PERKAWINAN ISLAM DAN KATOLIK (Studi Komparasi Pedoman Perkawinan Islam dan Katolik di Kota Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PERKAWINAN ISLAM DAN KATOLIK (Studi Komparasi Pedoman Perkawinan Islam dan Katolik di Kota Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Angka perkawinan berdasarkan hasil riset penelitian terus meningkat setiap tahun di hampir seluruh provinsi di Indonesia, termasuk D.I. Yogyakarta, khususnya wilayah Kota Yogyakarta. Hal yang sama juga terjadi pada angka perceraian yang juga ikut meningkat setiap tahunnya. Hal ini menandakan adanya kejanggalan terhadap kualitas keluarga. Atas dasar itu diperlukan upaya yang intens terkait bimbingan pranikah bagi calon pasangan suami istri dan bimbingan keluarga bagi pasangan yang telah berstatus suami istri. BP4 merupakan salah satu lembaga bimbingan perkawinan Islam, yang telah berdiri sejak lama, dan juga telah lama bermitra dengan Kemanag, sejauh ini belum mampu meredam angka perceraian. Sementara itu, bimbingan perkawinan Katolik walaupun tidak diketahui pasti kapan berdirinya, telah mampu meningkatkan kualitas keluarga jemaatnya. Hal ini merupakan bukti bahwa pelaksanaan bimbingan perkawinan Katolik lebih unggul dibandingkan bimbingan perkawinan Islam. Persoalan bimbingan perkawinan Islam di Kota Yogyakarta hanya terletak pada tata pelaksanaan bimbingan perkawinan, bukan konsep dan materi. Jika tolok-ukurnya adalah konsep dan materi, justeru kedua lembaga –BP4 dan bimbingan perkawinan Katolik- memiliki banyak kesamaan. Kata kunci: bimbingan, pranikah, dan keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Khoiruddin Nasution, M.A
Uncontrolled Keywords: bimbingan, pranikah, dan keluarga
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2015 11:10
Last Modified: 06 Oct 2015 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17419

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum