BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR DALAM MENGATASI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

MARISSA SATRILIYA, NIM: 1220410005 (2015) BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR DALAM MENGATASI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR DALAM MENGATASI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR DALAM MENGATASI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Marissa Satriliya: BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR DALAM MENGATASI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA Berdasarkan observasi pra research yang dilakukan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, terdapat sejumlah siswa yang mengalami rendahnya motivasi belajar. Masih terbatasnya pengalaman siswa dalam memecahkan masalah tersebut, menuntut adanya suatu bantuan dalam bentuk layanan bimbingan dan konseling. Dari gambaran permasalahan di atas, penelitian inibertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan dan konseling belajar dalam mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswadan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan bimbingan dan konseling belajar dalam mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagaimana adanya (natural setting). Penelitian dilakukan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wanwancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling serta siswa yang teridentifikasi mengalami rendahnya motivasi belajar dilihat dari prestasi belajar,karakteristik yang diperlihatkan serta catatan khusus dari guru bimbingan dan konseling serta wali kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data model interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun dalam mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling belajar dalam mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta meliputi layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling individual,layanan bimbingan kelompok, layanan konsultasi, layanan mediasi. Kegiatan pendukung terdiri dari Instrument bimbingan, himpunan data, konfrensi kasus dan alih tangan kasus. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa-siswa mengalami rendahnya motivasi belajar meliputi: (1) hambatan kemampuan intelektual, (2) kelelahan fisik, (3) pacaran (4) kurangnya perhatian orang tua, (5) tidak menyukai guru, dan mata pelajarannya. Faktor pendukung berupa kekuatan yaitu guru pembimbing yang masih mudah memberi dampak positif bagi peserta didik dalam menjalin komunikasi hal ini dikarenakan tempat tinggal peserta didik di asrama.Sedangkan faktor penghambat berupa kelemahan adalah hambatan internal yaitu yang berkaitan dengan kompetensi konselor atau guru bimbingan dan konseling serta tantangannya adalah kondisi eksternal. Hal ini terlihat adanya alokasi waktu yang pasti menyebabkan penyelenggaraan bimbingan konseling tidak maksimal Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Harini, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2015 16:19
Last Modified: 09 Oct 2015 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum