KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (KKG PAI SD) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA

TRI KHOTIMAH SHOLIKHAH, NIM. 1220411158 (2015) KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (KKG PAI SD) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (KKG PAI SD) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA)
1220411158_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (KKG PAI SD) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA)
1220411158_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tri Khotimah Sholikhah : Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD) Dalam meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2015. Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar merupakan organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam profesi, kompetensi, karir dan wawasan pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan secara optimal. Kinerja GPAI setelah mengikuti kegiatan di KKG ini diukur melalui pantauan guru bersertifikat yang dilakukan oleh Pengawas Guru PAI pada setiap semester. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD) di Kecamatan Kotagede. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilaksanakan oleh KKG PAI ini, dalam meningkatkan kinerja bagi guru PAI yang ada di wilayah Kecamatan Kotagede. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan berusaha mengungkapkan fakta-fakta yang menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan oleh KKG PAI SD, melalui penelaah dokumentasi dan wawancara secara mendalam terhadap pengurus dan anggota KKG serta Kepala Sekolah dan Pengawas Guru PAI. Data yang ada dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan mengedepankan kesesuaian antara tujuan, tugas dan manfaat dari dibentuknya KKG dengan keadaan di KKG PAI SD Kecamatan Kotagede, serta hasil pemantauan Pengawas Guru PAI sebagai bentuk hasil kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD) di Kecamatan Kotagede adalah; Perencanaan Pembelajaran, berupa pengkajian silabus, penyusunan program dan RPP. Kegiatan dalam proses pembelajaran berupa pelatihan strategi mengajar, pelatihan pemanfaatan media baik alat teknologi, maupun media alat tulis. Evaluasi pembelajaran adalah pemaparan tentang pelaksanaan penilaian dan tindak lanjut evaluasi oleh pengawas dalam forum KKG. Hasil pengukuran kinerja oleh pengawas menunjukkan hasil bahwa setelah anggota KKG mengikuti kegiatan forum KKG, maka 26 % guru PAI SD di Kecamatan Kotagede mendapatkan kualifikasi nilai yang amat baik. Sedangkan sebanyak 74 % mendapatkan predikat baik.Kegiatan dalam KKG PAI SD di Kecamatan Kotagede telah membawa hasil kinerja guru PAI SD di Kecamatan Kotagede memperoleh hasil yang baik.Kegiatan yang terkait dengan perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran telah sesuai dengan tujuan, tugas dan manfaat dibentuknya KKG dalam meningkatkan kinerja guru PAI selain kegiatan lain yang mampu memotivasi munculnya kreatifitas guru, sehingga kinerja yang ditampilkan adalah kinerja yang terbaik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Khoiruddin Nasution, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kegiatan, Kinerja
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Oct 2015 08:17
Last Modified: 02 Oct 2015 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum