MIRA KHOIRUNNISAK, NIM. 1220411220 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BERBAGAI KEGIATAN SEKOLAH DI SMA N 2 SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BERBAGAI KEGIATAN SEKOLAH DI SMA N 2 SLEMAN)
1220411220_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BERBAGAI KEGIATAN SEKOLAH DI SMA N 2 SLEMAN)
1220411220_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwa Pendidikan di Indoneasia kini jauh dari nilai-nilai yang menjunjung tinggi kebebasan, perbedaan dan toleransi. Indonesia menghadapi era global saat ini tanpa benar-benar mencanangkan nilai-nilai yang dianggap penting dalam menyatukan kesatuan sosial. Pemerintah juga cenderung hanya merancang UU untuk pendidikan multikultural tanpa benar-benar merealisasikannya disemua jenjang pendidikan. Banyak fakta pada dunia Pendidikan bahwa menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan multikultural belum banyak ditemui. Maka dari itu kini peran semua pelaku pendidikan di Indonesia adalah merealisasaikan nilai-nilai dalam pendidikan multikultural yang telah di rancang dalam UU pada semua jenjang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat langsung kegiatan-kegiatan pembelajaran atau kegiatan yang mendukung pembelajaran dan diakaitkan dengan penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam penerapannya. Kemudian dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi serta pengumpulan data dari berbagai sumber yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Pendidikan multikultural sangat berperan penting dalam dunia pendidikan karena pendidikan multikultural disini berdiri sebagai suatu acuan atau dasar dalam berlangsungnya proses pendidikan. Pendidikan di Indonesia yang terdapat berbagai macam suku, bahasa, agama, adat, budaya, dan gender didalamnya sangat bukan tidak mungkin bila akan terjadi suatu konflik didalam nya yang disebabkan karena perbedaan itu, kurangnya toleransi atau tidak adanya penghargaan atas hak asasi manusia, sehingga pendidikan multikultural dianggap sangat penting untuk menjadi dasar dalam dunia pendidikan, guna untuk menyatukan generasi bangsa Indonesia dan mencegah terjadinya perpecahan bangsa yang disebabkan dari dunia pendidikan. Kedua, kegiatan sekolah dilingkungan pendidikan SMA N 2 Sleman yang mengandung nilai-nilai pendidikan multikultural cenderung stabil, penghargaan terhadap perbedaan sudah dapat ditunjukkan serta direalisasikan. Penghargaan perbedaan telah terbukti dapat diatasi, walaupun secara teori belum dapat sepenuhnya terpahami oleh warga sekolah. Kemudian lingkungan sekolah yang heterogen justru sangat mendukung dalam menghargaan perbedaan dan hak asasi manusia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Prof. Dr. H. Sutrisno, M. Ag |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan multikultural |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 02 Oct 2015 12:38 |
Last Modified: | 02 Oct 2015 12:38 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17456 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |