MOH SOLEH, NIM. 1220411242 (2015) MANAGEMEN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI MAN YOGYAKARTA II. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAGEMEN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI MAN YOGYAKARTA II)
1220411242_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (MANAGEMEN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI MAN YOGYAKARTA II)
1220411242_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Keberhasilan dalam dunia pendidikan salah satunya adalah bergantung pada Kepala Madrasah sebagai supervsior pendidikan. Maka sebagai Kepala Madrasah mempunyai peran sangat penting dalam pengelolaan pendidikan di madrasah untuk memberikan supervisi dan bimbingan kepada guru sekaligus memberikan penilaian terhadap kinerja guru dalam mengajar serta yang berkaitan dalam bidang profesinya. Supervisi yang dilakukan Kepala Madrasah salah satunya adalah bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses mengajar dikelas. Dengan peningkatan terhadap kinerja guru sehingga berdampak pada tercapainya visi, misi dan tujuan dari madrasah serta mampu mempertahankan eksistensinya dalam kualitas proses pembelajaran. Peran dari Kepala Madrasah sebagai supervisor pendidikan dalam peningkatan kinerja guru memang sangat diperlukan, sehingga kepala madrasah diharapkan mempunyai kompetensi supervisi yaitu dalam merencanakan program supervisi, melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi dengan pengembangan dan evaluasi terhadap supervisi yang telah dilakukan. Adapun dalam penelitian dan kajian ini bertujuan untuk : Mendeskripsikan perencanaan supervisi, mendeskripsikan pelaksanaan supervisi dan mendeskripsikan evaluasi sekaligus implikasi supervisi kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, mendeskripsikan dan menafsirkan data baik dari hasil wawancara maupun data tertulis dari orang-orang yang menjadi objek penelitian dan data tersebut bersifat pernyataan maupun penjelasan terhadap suatu perilaku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan dari berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan untuk bisa saling melengkapi. Dari hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1). Perencanaan supervisi meliputi : penyusunan jadwal supervisi kunjungan kelas, mengadakan bimbingan dan evaluasi, mengadakan pengembangan dan pembinaan terhadap kompetensi guru. 2). Pelaksanaan supervisi meliputi teknik dan model supervisi yang digunakan. 3). Evaluasi supervisi meliputi : evaluasi hasil penilaian kinerja guru dan evaluasi program supervisi. Adapun implikasi terhadap supervisi tersebut adalah para guru semakin disiplin, semakin tertib dalam pembuatan admistrasi proses pembelajaran dan guru mau melakukan perbaikan yang berkesinambungan dalam proses pembelajaran. Dari uraian diatas menunjukkan bahwa sebaiknya bagi kepala sekolah/madrasah lebih bertanggung jawab dalam proses pengawasan, membimbing dan mengarahkan para guru sehingga dapat menumbuhkan kesadaran guru untuk lebih meningkatkan kinerjanya Selain itu agar visi, misi dan tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan di madrasah untuk bisa bersaing dengan lembaga sekolah tingkat atas baik sekolah Negeri maupun sekolah Swasta akan mudah terwujud.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Sabaruddin, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | managemen supervisi |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 08:28 |
Last Modified: | 08 Oct 2015 08:28 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17457 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |