IMPLEMENTASI MODEL LIVING VALUES EDUCATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI (STUDI KOMPARASI ANTARA MTS NEGERI WONOSARI GUNUNGKIDUL DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN)

Mohammad Ariandy, S.Pd.I, NIM. 13.204.10003 (2015) IMPLEMENTASI MODEL LIVING VALUES EDUCATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI (STUDI KOMPARASI ANTARA MTS NEGERI WONOSARI GUNUNGKIDUL DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL LIVING VALUES EDUCATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI (STUDI KOMPARASI ANTARA MTS NEGERI WONOSARI GUNUNGKIDUL DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN))
1320410003_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL LIVING VALUES EDUCATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI (STUDI KOMPARASI ANTARA MTS NEGERI WONOSARI GUNUNGKIDUL DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN))
1320410003_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Ada empat kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru, antara lain: kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Diantara empat kompetensi tersebut kompetensi kepribadian merupakan kebutuhan yang paling mendasar, karena segala bentuk kejahatan terhadap peserta didik tidak jarang datang dari kepribadian guru yang cenderung tidak stabil Penelitian ini berangkat dari tiga permasalahan yaitu: Pertama, Bagaimana implementasi model Living Values Education dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di MTs Negeri Wonosari Gunungkidul dan SMP Muhammdiyah 1 Depok Sleman? Kedua, Apa sajakah keberhasilan implementasi model Living Values Education dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di MTs Negeri Wonosari Gunungkidul dan SMP Muhammdiyah 1 Depok Sleman? Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi model Living Values Education dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di MTs Negeri Wonosari Gunungkidul dan SMP Muhammdiyah 1 Depok Sleman? Jenis penelitian dalam tesis ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi. Subyek atau informan dalam penelitian ini adalah guru-guru PAI MTs N Wonosari dan SMPM 1 Depok, kepala madrasah dan sekolah, waka kurikulum dan peserta didik masing-masing lembaga pendidikan. Adapun obyek yang diteliti adalah kepribadian guru-guru PAI berdasarkan indikatornya dengan pendekatan LVE. Teknik pengumpulan data adalah peneliti sendiri dan metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menjelaskan terkait upaya-upaya pelaksanaan peningkatan kompetensi kepribadian guru PAI melalui pendekatan model living values education di MTsN Wonosari dan SMPM 1 Depok terimplementasi dengan baik. Keberhasilan peningkatan kompetensi kepribadian guru PAI melalui pendekatan model living values education di kedua lembaga pendidikan terbukti menghasilkan perbedaan antara sebelum dan setelah penerapan model LVE kemudian menghasilkan lima langkah perubahan dan juga hasil penelitian terkait persamaan dan perbedaan antar dua lembaga yang berdasarkan kebutuhan masingmasing lembaga pendidikan. faktor pengambat dan pendukung di kedua lembaga pendidikan menitikberatkan pada 3 hal yaitu faktor implementasi internal dan eksternal dalam kegiatan pembelajaran di masing-masing lembaga dan faktor proses penyelenggaraan pelatihan model (LVE) serta partisipan dari para guru di masing-masing lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Usman,SS.M.Ag.
Uncontrolled Keywords: implementasi lve dan kepribadian guru
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Oct 2015 07:43
Last Modified: 07 Oct 2015 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17461

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum