MUHAMMAD AWWAD, NIM. 1320410013 (2015) MODEL BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ISLAMI DAN KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH (STUDI DI MTS NEGERI MODEL PRAYA DAN SMP NEGERI 1 PRAYA BARAT DI LOMBOK TENGAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MODEL BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ISLAMI DAN KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH (STUDI DI MTS NEGERI MODEL PRAYA DAN SMP NEGERI 1 PRAYA BARAT DI LOMBOK TENGAH))
1320410013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version Download (15MB) | Preview |
|
Text (MODEL BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ISLAMI DAN KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH (STUDI DI MTS NEGERI MODEL PRAYA DAN SMP NEGERI 1 PRAYA BARAT DI LOMBOK TENGAH))
1320410013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penerapan bimbingan dan konseling berbasis islam dan kearifan lokal pada setting pendidikan merefleksikan kesadaran guru BK di Kabupaten Lombok Tengah tentang pengaruh agama dan budaya dalam membentuk karakter individu – terutama siswa. Lombok, salah satu pulau utama yang membentuk provinsi NTB, memiliki tingkat pluralitas yang tinggi dalam hal etnis. Suku sasak etnis mayoritas yang meliputi lebih dari 90 %. Sementara itu, Suku bali merupakan minoritas terbesar dengan jumlah populasi mencapa 3 %. Sisanya disusun oleh etnis-etnis lain seperti cina, arab, samawa, suku bugis dari Makasar, dan suku mbojo dari Bima-Dompu.Keragaman tersebut berpotensi melahirkan akulturasi budaya sekaligus memungkinkan terjadinya bias budaya dalam pergaulan seharihari di tengah masyarakat di Pulau Lombok, khususnya di antara siswa pada setting pendidikan. Realitas tersebut secara strategi menempatkan sekolah sebagai institusi pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan dan mengembangkan individu yang peka atau sensitif terhadap isu-isu keragaman dan bias budaya. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh Islam sebagai agama dominan di tengah keragaman kultural dalam mengarahkan bentuk-bentuk BK di seting sekolah di kab. Lombok Tengah. Dua sekolah yang menjadi sampel adalah sekolah MTsN Model Praya dan SMPN 1 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Sampel dpilih dengan pertimbangan bahwa para siswa pada kedua sekolah tersebut merepresentasikan keragaman etnis dan tradisi. Tujuan dari pemilihan lokasi tersebut dikarenakan kondisi siswa di dua sekolah tersebut terdiri dari beragam etnis dan masih kentalnya pengaruh agama dalam mempengaruhi perilaku masyarakat yang diaktualisasikan dalam bentuk tradisi. Penelitian ini memfokuskan kajian pada dua bagian : (1) bagaimana model bimbingan dan konseling berbasis islami dan kearifan lokal di MTsN Model Praya dan SMPN 1 Praya Barat?. (2) Apa saja faktor yang melatarbelakangi urgensinya penerapan model bimbingan dan konseling berbasis islami dan kearifan lokal di MTsN Model Praya dan SMPN 1 Praya Barat?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field risearch) dan merupakan penelitian kualitatif. Data lapangan yang digali menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan analisa data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model bimbingan dan konseling berbasis Islami dan kearifan lokal di MTsN Model Praya dan SMPN 1 Praya Barat, adalah dengan mengembangkan model bimbingan dan konseling Qur’ani, dan mengintegrasikan produk budaya lokal ke dalam layanan. Penerapan model bimbingan dan konseling Qur’ani di MTsN Model Praya dengan menjadikan al-qur’an sebagai sumber rujukan materi layanan. Sedangkan faktorfaktor yang melatar belakangi urgensinya model BK berbasis Islami dan Kearifan Lokal, karena masih kuatnya pengaruh agama dan terdapat beberapa produk budaya lokal yang memiliki muatan-muatan nasehat, dan dipandang baik untuk diintegrasikan ke dalam layanan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Mustadin, S. Psi., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | model layanan bk, berbasis islami dan kearifan lokal |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 08:29 |
Last Modified: | 08 Oct 2015 08:29 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17467 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |