PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DI INDONESIA (ANALISIS TUJUAN DAN MATERI AJAR KURIKULUM 1994, 2004, 2006, 2013)

MAHERLINA MUNA AYUHANA, NIM. 1320410017 (2015) PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DI INDONESIA (ANALISIS TUJUAN DAN MATERI AJAR KURIKULUM 1994, 2004, 2006, 2013). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1320410017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1320410017_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi: Pendidikan Pendidikan Agama Islam yang diberikan oleh sekolah dasar selama ini hanya menekankan pada ranah kognitif semata. Kondisi inilah yang membuat pendidikan di Indonesia hanya mencetak generasi akademisi yang pandai dalam pengetahuan, namun tidak mempunyai karakter sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila yang mengakibatkan kurikulum pendidikan nasional telah mengalami beberapa kali pengembangan, yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, dan 2013. Maka pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik perkembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Indonesia tahun 1994, 2004, 2006, 2013 serta tujuan dan muatan materi ajar kurikulum PAI Sekolah Dasar di Indonesia tahun 1994, 2004, 2006, 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap secara teoritis karakteristik perkembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Indonesia tahun 1994, 2004, 2006, 2013 serta tujuan dan muatan materi ajar kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Indonesia tahun 1994, 2004, 2006, 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat penelitian kepustakaaan (library research) dengan menggunakan pendekatan sejarah. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dokumentasi dan telaah literatur. Adapun teknik analisis data, peneliti menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: pertama, tujuan kurikulum pembelajaran PAI dari tahun 1994-2013 memiliki esensi yang sama, yaitu memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik tentang agama Islam untuk mengembangkan kehidupan beragama sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga Negara, dan umat manusia. Kedua, adapun analisis materi ajar jika ditinjau dari perkembangan aspek yang terkandung dalam masingmasing kurikulum diantaranya; Aspek al-Qur’an, materi ajar Pendidikan Agama Islam mengalami perkembangan dari tahun 1994 sampai 2013. Walaupun mengalami perkembangan, terdapat pokok bahasan yang selalu diajarkan setiap tahunnya. Aspek keimanan, materi ajar Pendidikan Agama Islam aspek keimanan tidak mengalami perubahan secara signifikan (sama) yang dibuktikan dengan adanya pokok bahasan yang tidak berubah di tiap tahunnya. Aspek tarikh, materi ajar dalam kurikulum 1994 maupun 2006, tidak semua kelas mendapatkan materi tarikh. Bahkan dalam kurikulum 2004 aspek tarikh sama sekali tidak tersampaikan. Aspek akhlak, materi ajar kurikulum Pendidikan Agama Islam mengalami perbedaan penekanan baik adab adab, perilaku terpuji dan tercela, keteladanan perilaku para Nabi maupun implikasi dari ayat suci al-Qur’an dan Al-hadits. Aspek Ibadah. Perkembangan kurikulum dari kurikulum 1994 sampai 2006 dalam aspek ibadah tidak begitu signifikan (sama), hanya penempatan materi ajar yang berbeda jenjang pada tiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kurikulum pendidikan agama islam, tujuan, dan materi ajar.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2015 14:26
Last Modified: 02 Oct 2015 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17471

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum