PERAN GURU PAI DALAM REVOLUSI MENTAL SISWA DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DI SMP N 1 YOGYAKARTA

MUHAMMAD IHWAN, NIM. 1320410022 (2015) PERAN GURU PAI DALAM REVOLUSI MENTAL SISWA DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DI SMP N 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM REVOLUSI MENTAL SISWA DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DI SMP N 1 YOGYAKARTA)
1320410022_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM REVOLUSI MENTAL SISWA DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DI SMP N 1 YOGYAKARTA)
1320410022_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pengaruh globalisasi yang telah menimbulkan dampak cukup pelik bagi generasi bangsa, degradasi moral yang kian tak terbendung dikalangan remaja. ketika ancaman pengaruh negatif semakin menguat mengancam masa depan siswa, akan tetapi tidak semua siswa yang belajar di sekolah tersebut meskipun hanya sebagian kecil. Namun pada kedua sisi tidak adanya perbedaan yang mencolok anatara karakter setiap siswa. Artinya, pendidikan karakter dalam membentuk karakter siswa di SMP N 1 Yogyakarta dapat dikatakan berhasil. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana Peran Guru PAI Dalam Revolusi Mental Siswa Dalam Perspektif Agama Islam Di SMP N 1 Yogyakarta Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis gunakan adalah sampling (purposive sampling). Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, atau catatan lapangan, dan dokumentasi sedangkan analisis datanya mengunakan deskriftib analitik, dan pada ahirnya kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membentuk karakter siswa di SMP N 1 Yogyakarta menggunakan pendekatan komprehensif. Strategi revolusi mental mengunkakan pendekatan moral reasoning (penalaran moral) yaitu pembelajaran yang di tempuh dengan tahapan pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP N 1 Yogyakarta melakukan beberapa strategi yaiti: pertama mengajarkan dan memberikan pemahaman tentang kebaikan , keadilan kedua guru sebagai suritauladan sekaligus sebagai pengasuh dan pembibing ketiga menentukan priroitas karakter, keempat, praksi proritas refeleksi dan refeksi yaitu pendalaman untuk melihat sejauh mana keberhasilan dan kegagalan pendidikan karakter peran revolusi mental guru adapun dampak dari revolusi mental pendidikan tersebut terhadap karakter siswa memiliki dampak yang cukup baik, dari segi pengetahuan, perasaan dan tindakan yang mencerminkan karakter baik dalam kesehariannya. Adapun nilai-nilai karakter yang dimiliki yakni religius, tanggung jawab, jujur, kreatif, demokrasi, disiplin, mandiri, toleransi, kerja keras, cinta kebersihan/ peduli lingkungan, sopan santun, dan sederhana SMP N 1 Yogyakarta dalam pembentukan karakter adalah sesuai antara karakter yang di tanamkan dengan ondikator keberhasilan karakter dari gejala atau fakta hasil observasi, bentuk keteladanan pembiasaan pengetahuan keterlibatan orang tua dan masyrakat kunci keberhasilan penanaman karakter. Adapun faktor prndukung dan penghambat keberhasilan penanaman karakter peserta didik yang dianalisis mengunakan analisis SWOT berdasarkan kondisi inernal dan ekteral SMP N 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A,
Uncontrolled Keywords: revolusi mental siswa, perspektif agama islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2015 16:19
Last Modified: 09 Oct 2015 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17473

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum