KHOLIFATUL KHASANAH, nim. 1320410030 (2015) MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING YANG DI TERAPKAN DI SMA MA’ARIF BERAN NGAWI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text
1320410030_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf Download (26MB) | Preview |
|
|
Text
1320410030_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Depdiknas tahun 2008 menetapkan bahwa pendidikan yang bermutu efektif dan ideal adalah yang mengintegrasikan tiga bidang utama yaitu administratif atau kepemimpinan, instruksional atau kurikuler serta bimbingan dan konseling, tanpa bimbingan dan konseling akan menghasilkan anak-anak yang pintar dalam hal akademik saja, akan tetapi dengan adanya bimbingan dan konseling dapat membantu siswa mencapai tugas-tugas perkembangannya secara optimal, sehingga dalam menentukan penjurusan siswa tidak hanya berdasarkan IQ akan tetapi juga memperhitungkan aspek bakat, minat, psikologis dan kompetensi siswa. Mengingat pentingnya bimbingan dan konseling dalam institusi pendidikan maka untuk mencapai tujuan dari bimbingan dan konseling tersebut diperlukan manajemen bimbingan dan konseling yang tersistem dengan baik oleh pihak-pihak penyelenggara bimbingan dan konseling di sekolah. Oleh sebab itu menjadi sebuah hal yang menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian di lembaga pendidikan yaitu di SMA Ma’arif Ngawi. Dari gambaran latar belakang tersebut rumusan masalah yang muncul adalah bagaimana proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengawasan atau evaluasi bimbingan dan konseling yang diterapkan di SMA Ma’arif Ngawi? Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling SMA Ma’arif Ngawi. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa SMA Ma’arif menerapkan manajemen bimbingan dan konseling dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik. Dibuktikan dalam hal perencanaan, SMA Ma’arif meliputi beberapa proses diantaranya menganalisis kebutuhan siswa, analisis kondisi sekolah, penetapan tujuan, penentuan jenis layanan, penentuan waktu dan tempat kegiatan, serta penentuan fasilitas dan anggaran. Tahap pengorganisasian juga terdapat beberapa proses diantaranya pembagian petugas bimbingan dan konseling, sosialisasi cara kerja, serta koordinasi dengan stakeholder. Tahap pelaksanaan prosesnya sesuai dengan perencanaan yang telah disusun yaitu sesuai dengan program yang telah dirancang. Terakhir tahap evaluasi juga terdapat beberapa proses diantaranya adalah pencatatan hasil kerja, menilai hasil kerja dan mengambil tindakan perbaikan dan pengembangan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Hj. Nurjannah, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | manajemen bimbingan dan konseling. |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 09 Oct 2015 14:25 |
Last Modified: | 09 Oct 2015 14:25 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17475 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |