PARTISIPASI WARGA SMA ISLAM TERPADU BINA UMAT MOYUDAN SLEMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

SINTA ISTHOFA HANIEK, SPDI, NIM. 1320410063 (2015) PARTISIPASI WARGA SMA ISLAM TERPADU BINA UMAT MOYUDAN SLEMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI WARGA SMA ISLAM TERPADU BINA UMAT MOYUDAN SLEMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
1320410063_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI WARGA SMA ISLAM TERPADU BINA UMAT MOYUDAN SLEMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
1320410063_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SINTA ISTHOFA HANIEK. Partisipasi Warga SMA Islam Terpadu Bina Umat Moyudan Sleman dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam PBA Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesuksesan dari suatu pembelajaran bahasa Arab bukan hanya berada pada tanggung jawab seorang guru saja tetapi merupakan hasil kerjasama antar semua warga sekolah dalam mencapai tujuan pembelajaran, yakni siswa mampu menguasai bahasa Arab secara aktif. Maka dari itu diperlukan adanya partisipasi dari setiap warga sekolah untuk mau terlibat, berkontribusi dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan dari pembelajaran bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) sekolah menurut teori fungsionalisme struktural Talcott Parsons. 2) bentuk partisipasi warga SMA Islam Terpadu Bina Umat Moyudan Sleman dalam pembelajaran bahasa Arab. 3) dampak partisipasi warga SMA Islam Terpadu Bina Umat Moyudan Sleman dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk field research atau penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dan mengambil obyek penelitian di SMA Islam Terpadu Bina Umat Moyudan Sleman. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Sekolah menurut teori fungsionalisme struktural Talcott Parsons memiliki empat fungsi yang biasa dikenal dengan AGIL. Dari fungsi tersebut menjadikan sekolah membutuhkan partisipasi dari warga untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adapun tujuan dari bahasa Arab di SMA Islam Terpadu Bina Umat Moyudan Sleman ialah siswa mampu menguasai bahasa Arab secara aktif. 2) bentuk partisipasi dari warga SMA Islam Terpadu Bina Umat Moyudan Sleman dalam pembelajaran bahasa Arab berupa pengawasan terhadap anak, tenaga, dana dan pemikiran. Bentuk partisipasi tersebut merupakan bentuk partisipasi non fisik dan fisik yang bersifat horizontal dan berada pada tingkatan partisipasi decision-making. 3) dampak dari adanya partisipasi warga sekolah dalam pembelajaran bahasa Arab meliputi dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif meliputi partisipasi mempermudah perencanaan dan pelaksanaan, partisipasi membuat berjalannya semua kegiatan, partisipasi menumbuhkan kedisiplinan, partisipasi membuat terciptanya lingkungan bahasa yang kondusif, dan partisipasi dapat memberdayakan semua warga sekolah. Untuk dampak negatif yang ditimbulkan dari partisipasi warga SMA IT Bina Umat adalah manipulasi jumlah warga sekolah dalam melakukan partisipasi dan partisipasi warga sekolah ini bisa menjadi mahal dalam pengertian waktu dan biaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Keyword: Partisipasi, Warga Sekolah dan Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Oct 2015 13:15
Last Modified: 02 Oct 2015 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum