WIFAYATUN NURONIYAH, SSOSI, NIM. 1320410065 (2015) KOMPETENSI PROFESIONAL KONSELOR MADRASAH TSANAWIYAH DI DIY. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KOMPETENSI PROFESIONAL KONSELOR MADRASAH TSANAWIYAH DI DIY)
1320410065_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (KOMPETENSI PROFESIONAL KONSELOR MADRASAH TSANAWIYAH DI DIY)
1320410065_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Wifayatun Nuroniyah, NIM 1320410065, Kompetensi Profesional Konselor Madrasah Tsanawiyah Di DIY. Dalam Sisdiknas, konselor dinyatakan sebagai salah satu kualifikasi pendidik, sejajar dengan kualifikasi guru, dosen, pamong belajar, tutor, widyaiswara, fasilitator, dan instruktur (UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 6). Hal ini sangat menarik bagi peneliti untuk melihat bagaimana kondisi di lapangan. Dari gambaran tersebut munculkan rumusan masalah bagaimana potret kompetensi profesional Konselor Madrasah Tsanawiyah di DIY, faktor apa saja yang mempengaruhi kompetensi profesional konselor Madrasah Tsanawiyah di DIY, dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan dalam mengembangkan kompetensi profesional konselor Madrasah Tsanawiyah di DIY. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah Konselor Madrasah Tsanawiyah di DIY yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bimbingan dan Konseling (MGMP BK/MGBK) yang sedang menempuh pendidikan lanjutan strata dua (S-2) dalam bidang bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konselor Madrasah Tsanawiyah di DIY telah memenuhi standar profesional. Hal terebut didasarkan pada hasil penelitian bahwa subjek yang terlibat dalam penelitian sebagian besar memiliki latar belakang pendidikan dengan program studi bimbingan dan konseling, keseluruhan telah lulus sertifikasi sebagai pendidik konselor, serta memiliki masa kerja antara 10-15 tahun, serta memenuhi kriteria dalam kompetensi profesional yaitu Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli ditunjukkan dengan penggunaan dan pengembangan instrumen non tes dalam asesmen dan format penilaiannya disesuaikan dengan kebutuhan konseli; Menguasai kerangka teoritik dan praksis BK dibuktikan dengan menyusun program layanan BK berupa Satlan dan Satkung yang memuat tentang kesesuian antara kondisi dan tuntutan wilayah kerja, pendekatan model/jenis layanan BK, serta format pelayanan BK yang relatif baik; Merancang program BK ditunjukkan dengan hasil asesmen yang telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa, daftar kegiatan pelayanan BK satu semester, serta RPL/Satlan/Satkung; Mengimplementasikan program BK yang komprehensif, dibuktikan melalui pelaksanaan pelayanan BK melalui pendekatan kolaboratif kepada pihak-pihak terkait, serta mengelola pembiayaan yang sebagian kecil masih minim; Menilai proses dan hasil kegiatan BK ditunjukkan dengan pelaksanaan evaluasi melalui penilaian proses dan penilaian hasil; Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional ditunjukkan dengan kegiatan referal oleh konselor di DIY; Menguasai konsep dan prkasis penelitian dalam BK, sementara ini sebagian besar subjek belum melakukan penelitian sebagai langkah pengembangan keprofesian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi, M.Pd, Psi. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Konselor Sekolah/Madrasah |
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 02 Oct 2015 13:17 |
Last Modified: | 02 Oct 2015 13:17 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17488 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |