MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM BUDAYA PESANTREN (STUDI ANALISIS DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES)

MUHAMMAD FAHD WAKHYUDIN, NIM. 1320410067 (2015) MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM BUDAYA PESANTREN (STUDI ANALISIS DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM BUDAYA PESANTREN (STUDI ANALISIS DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES))
1320410067_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM BUDAYA PESANTREN (STUDI ANALISIS DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES))
1320410067_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Fahd Wakhyudin. S.Pd.I, NIM: 13201410067, Manajemen Pembentukan Karakter dalam Budaya Pesantren (Studi Analisis di Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang Manajemen pembentukan karakter dalam budaya pesantren di Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes dan dalam rangka mencari jawaban permasalahan tentang bagaimana Manajemen pengelolaan lembaga pendidikan pesantren dalam kaitannya budaya pesantren di Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes; nilia-nilai karakter apa saja yang terbentuk melalui pendidikan pesantren dan bagaimana pencapaian keberhasilan manajemen pembentukan karakter dalam budaya pesantren di Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yaitu kualitatif dengan obyek penelitian di Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes. Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik yang berupaya memberikan gambaran-gambaran yang mendetail tentang latar belakang, sifat dan karakter yang khas dari kasus yang ada di lapangan. Untuk mengeksplorasi data dilakukan dengan cara hubungan yang intensif dengan sumber data. Data berupa uraian mengenai kegiatan atau perilaku subyek dan dokumen-dokumen lain yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes telah melaksanakan prinsip-prinsip dan fungsi manajemen yaitu : planning, organizing, actuating, dan controlling (POAC), yang Pertama, adalah manajemen perencanaan pembentukan karakter dalam budaya pesantren. Kedua, manajemen pengorganisasian pembentukan karakter dalam budaya pesantren. Ketiga, manajemen pelaksanaan pembentukan karakter dalam budaya pesantren, dan. Keempat adalah manajamen pengendalian atau controlling pembentukan karakter dalam budaya pesantren, adapun nilai-nilai karakter yang terbentuk dalam budaya pesantren di Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes adalah karakter religius, kasih sayang, cinta kebaikan, tanggung jawab dan amanah, toleran, madiri, percaya diri, hormat dan santun, demokratis, kerja keras dan pantang menyerah, peduli sesama dan lingkungan, disiplin, dan berjiwa kepemimpinan. Adapaun indikator keberhasilan pencapaian dalam manajemen pembentukan karakter dalam budaya pesantren di Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes yaitu ada dua indikator keberhasilan yang pertama indikator keberhasilan jangka pendek dan menengah yang ditandai ketercapaiannya pembentukan karakter dalam kegiatan-kegiatan yang telah membudaya di pondok pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes, kedua dan indikator jangka panjang yaitu progres dari output atau lulusan Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirmapog Brebes yang banyak berhasil dalam kiprah hidupnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam MA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Manajemen Pembentukan Karakter, Budaya pesantren, Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Oct 2015 13:19
Last Modified: 02 Oct 2015 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17489

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum