IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SERAYU YOGYAKARTA

MALIKI, SPDI, NIM. 1320410071 (2015) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SERAYU YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SERAYU YOGYAKARTA)
1320410071_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (25MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SERAYU YOGYAKARTA)
1320410071_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

. SD Negeri Serayu merupakan salah satu sekolah unggulan yang berada di wilayah Yogyakarta. Hal itu dapat dilihat dari beberapa prestasi siswa, sarana dan prasarana yang memadai dan animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SD tersebut. Dari sisi prestasi beberapa siswa dari sekolah tersebut memperoleh penghargaan dalam berbagai bidang, baik dalam tingkat kota, provinsi ataupun nasional. Hal demikian, tentunya tidak bisa terlepas dari peran guru selaku pendidik dan pembimbing dalam memberikan layanan di dalam kelas maupun di luar kelas. Walaupun SD Negeri Serayu merupakan sekolah unggulan tetapi hasil observasi yang ditemukan oleh peneliti terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V SD Negeri Serayu Yogyakarta. Fokus penelitian ini diarahkan pada kajian tentang apakah faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas V SD Negeri Serayu, dan bagaimanan implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif, pendekatan studi kasus. Pemilihan subyek dilakukan dengan purposive sampling yaitu guru kelas V SD Negeri Serayu, beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar dan beberpa guru yang terkait dalam penelitian ini. Pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Proses analisis data yaitu: Data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini: (1). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V SD Negeri Serayu yaitu berasal dari diri anak dan luar anak, dengan bentuk kesulitan seperti ketergangguan dalam belajar, pencapaian rendah dan siswa lambat, (2) Dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar kelas V SD Negeri Serayu dilakukan dengan memberikan layanan konseling individual, layanan konseling teman sebaya dan kolaborasi orang tua murid. Adapun pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V SD Negeri Serayu dapat dikatakan berhasil dengan adanya perubahan seperti peningkatan prestasi belajar (baik dari nilai harian maupun nilai ulangan), mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu, dan dapat berkonsentrasi dengan memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru, walaupun materi atau kegiatan yang diberikan tidak dirancang secara khusus akan tetapi mengalir sesuai dengan kebutuhan saat pelaksanaan proses belajar mengajar di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Waryono Abul Ghafur, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi Layanan, Bimbingan dan Konseling, Kesulitan Belajar.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Oct 2015 13:22
Last Modified: 02 Oct 2015 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum