PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA DI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR YOGYAKARTA 2014/ 2015 (PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY)

DANIN BILLAH, NIM. 1320410075 (2015) PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA DI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR YOGYAKARTA 2014/ 2015 (PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA DI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR YOGYAKARTA 2014/ 2015 (PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY))
1320410075_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA DI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR YOGYAKARTA 2014/ 2015 (PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY))
1320410075_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DANIN BILLAH, Pembelajaran Kemahiran Membaca Di SMP Islam Terpadu (SMP IT) Abu Bakar Yogyakarta 2014/2015 (Prespektif Teori Konstruktivisme Sosial Vygotsky). TESIS. PascaSarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Tema ini penulis pilih karena kebutuhan pendidikan yang berorientasi pada pembelajaran bahasa khusunya yang fokus pada keterampilan bahasa. Membaca sebagai salah satu keterampilan bahasa Arab dijadikan tujuan utama dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta tentu ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan alasan kemahiran membaca dijadikan tujuan utama dalam pembelajaran bahasa Arab disana, yang kemudian dilihat dari prespektif konstruktivisme sosial Vygotsky di mana peran aktif siswa dan interaksi dengan lingkungan lebih diutamakan dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan desain penelitian studi kasus pada proses pembelajaran bahasa Arab kelas VII dan VIII di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data kemudian disimpulkan sebagai hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan tiga alasan kemahiran membaca menjadi tujuan utama pada pembelajaran bahasa Arab di sana. Pertama, yaitu faktor orientasi religious, dalam hal ini kemahiran membaca untuk tujuan memahami dan mempelajari sumber ajaran Islam yaitu al-Quran dan al-ḥadiṡ , dan juga untuk bacaan dalam praktek ibadah dalam keseharian. Kedua, orientasi akademik, berdasarkan asumsi bahwa keterampilan membaca dapat menunjang dan menjadi fakor pendukung kemampuan akademik siswa dalam memahami materi yang ada kaitanyan dengan teks berbahasa Arab. Siswa yang pandai membaca teks Arab relatif mudah memahami pelajaran, bahkan di program tahfidz siswa relatif bisa lebih mudah menghafal al-Quran jika paham apa yang dibacanya. Ketiga, lebih ke faktor teknis karena ketersediaan waktu dan pengajar sehingga memungkinkan lebih efektif fokus pada salah satu keterampilan, dan juga karena ada dua program yang berbeda antara boarding dan fullday. Sedangkan pembelajaran kemahiran membaca dalam prespektif konstruktivisme sosial Vygotsky ada beberapa yang sesuai di antaranya di kelas VII guru menggunakan model assisted learning, diawali dengan bimbingan/ batuan (scaffolding) berupa pemberian kosakata melalui media powerpiont. Pada proses inti pembelajaran guru menggunakan strategi kooperatif yang melibatkan peran aktif siswa, strategi kooperatif ini yang tidak lain adalah bagian dari teori konstruktivisme yang mencakup aspek interaksi sosial dan pemagangan kognitif antar siswa ketika belajar dalam kelompok belajar. Sedang pada kelas VIII guru menggunakan model discoveri learning dengan strategi diskusi siswa bisa belajar dari teman yang lain (pemagangan kognitif) untuk memahami teks bacaan. Adapun teknik yang digunakan guru kelas VIII dalam pembelajaran kosakata dengan menggunakan teknik modeling dengan meperagakan kata yang dimaksud.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Kemahiran Membaca, Konstruktivisme Sosial, SMP IT Abu Bakar Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Oct 2015 13:25
Last Modified: 02 Oct 2015 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum