MANAJEMEN HUMAS DALAM PENINGKATAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH KADISOKA KALASAN SLEMAN

BURHAN NUDIN, NIM. 1320412260 (2015) MANAJEMEN HUMAS DALAM PENINGKATAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH KADISOKA KALASAN SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN HUMAS DALAM PENINGKATAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH KADISOKA KALASAN SLEMAN)
1320412260_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN HUMAS DALAM PENINGKATAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH KADISOKA KALASAN SLEMAN)
1320412260_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kesuksesan lembaga pendidikan harus ditopang bersama oleh seluruh pihak, baik keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Ketiga komponen ini harus saling bersinergi secara padu, sehingga bisa menghasilkan outcome pendidikan yang berkualitas. Untuk itu, sekolah diharapkan semakin meningkatkan hubungan dengan keluarga atau wali murid serta masyarakat pada umumnya untuk diajak bekerjasama dalam mewujudkan pengelolaan manajemen humas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) bagaimana fungsi manajemen humas, (2) bagaimana bentuk keberhasilan manajemen humas, dan (3) faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan pengelolaan pendidikan di SD Muhammadiyah Kadisoka Kalasan Sleman. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SD Muhammadiyah Kadisoka Kalasan Sleman. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk proses analisis data digunakan analisis model Miles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah; pengumpulan data, data reduction, data display, dan data verification. Hasil penelitian menunjukkan; Pertama, terkait dengan fungsi manajemen humas dalam peningkatan pengelolaan pendidikan di SD Muhammadiyah Kadisoka berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi adalah cukup efektif dengan program-program humas seperti; acara pertemuan wali murid, acara pengajian ahad perdana, pengajian akbar syawalan, acara awal dan akhir tahun, home visit, school visitation, kunjungan ke sekolah lain, karya wisata, pentas kesenian, buka bersama dan lain sebagainya. Kedua, bentuk keberhasilan humas di SD Muhammadiyah Kadisoka dapat dilihat dari terlaksananya program humas, prestasi sekolah yang meningkat sehingga menjadi sekolah favorit berbasis agama yang kuat, bertambahnya sarpras, memiliki sekolah cabang di Bayen, bertambahnya jumlah siswa saat ini, nama sekolah semakin dikenal oleh masyarakat luas. Ketiga, faktor pendukung antara lain dukungan serta partisipasi aktif dari kepala sekolah, pendidik dan seluruh staf, adanya pertanggungjawaban komite sekolah, peran aktif wali murid dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terlalu banyaknya tugas dan wewenang dimana ada guru yang dibebani dengan tugas tambahan lebih dari satu bidang seperti koorbid kesiswaan yang merangkap sebagai koorbid humas sehingga kinerjanya kurang maksimal akan bisa terjadi tumpang tindih; minimnya anggaran meskipun sudah ada BOS dari pemerintah pusat yang dirasa masih kurang sehingga ada beberapa program humas terkait dengan pemberdayaan masyarakat sekitar menjadi tertunda.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Humas, Pengelolaan Pendidikan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2015 16:19
Last Modified: 09 Oct 2015 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17496

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum