MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU DI MI MUHAMMADIYAH BASIN KEBONARUM KLATEN

QAMARUDIN DWI ANTORO, S. PD. I, NIM. 1320412253 (2015) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU DI MI MUHAMMADIYAH BASIN KEBONARUM KLATEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU DI MI MUHAMMADIYAH BASIN KEBONARUM KLATEN)
1320412253_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU DI MI MUHAMMADIYAH BASIN KEBONARUM KLATEN)
1320412253_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan mutu di MI Muhammadiyah Basin Kebonarum Klaten, keberhasilan, faktor pendukung dan penghambat. Adapun pendekatan penelitian ini merupakan kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah MI Muhammadiyah Basin Kebonarum Klaten. Hasil penelitian ini adalah manajemen pemasaran pendidikan di MI Muhammadiyah Basin menggunakan Marketing Mix: Product menciptakan generasi muslim yang berilmu, berprestasi, yang dilandasi keimana ketaqwan dan santun dalam berbudaya bangsa, Price menggunakan konsep kesimpulan hargamutu, Place tidak terlalu jauh dengan dari pusat kota klaten, jalur untuk menuju kekota Klaten, dekat dengan kantor atau perusahan-perusahan, dan jalur yang mudah dilalui kendaraan umum, Promotion pembentukan Panitia, sosialisasi, dan iklan melalui media, People sebagaian besar tenaga pendidik dan kependidikan telah menempuh jenjang pendidikan S1, dan ada beberapa jenjang S2 dan D3, Physical Evidence cukup memadai setingkat SD/MI, Process didukung oleh dua kurikulum yaitu kurikulum KTSP dan kurikulum 2013, serta kegitan ekstra, kegiatan tambahan dan pembiasaan untuk pembinaan siswa. Hasil yang dicapai, (1)Produk, Dalam kegiatan ekstra indikatornya siswa mampu mempraktekkan apa yang di minatinya, kegiatan tambahan indikatornya adalah prestasi siswa dalam perlombaan yang berhasil mendapatkan juara, dan indikator pembiasaan dinyatakan berhasil melebihi target kelas yang diujikan akhir semester, (2)tenaga pendidikan dan kependidikan MI Muhammadiyah Basin semua berjumlah 30 orang, dan 16 guru ekstrakulikuler hal ini bisa dilihat begitu baik komunikasi Antara siswa dengan guru dan lingkungan yang terdapat banyak tulisan kebaikan/motivasi. Serta guru-guru ekstra yang kompeten yang berhasil memberikan kejuaraan, (3)Meninggaktkan mutu adanya kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler, serta ada kegiatan tambahan dan pembiasaan. Keberhasilan kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler di MI Muhammadiyah sama-sama saling kolaborasi atau saling isi mengisi diantara aktifitas prosesnya dalam meningkatkan mutu atau menghasilkan prestasi. Adapun faktor pendukung yaitu dari sumber daya manusia, sarana, kegiatan promosi, dana dan faktor penghambat terdapat pada pesaing baru, tenaga pendidik tidak tetap dan kegiatan promosi kesulitan tempat dan jadwal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: manajemen pemasaran pendidikan dan mutu
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Oct 2015 07:35
Last Modified: 12 Oct 2015 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum