FATHUR ROHMAN, NIM. 1320412215 (2015) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT BERPENDIDIKAN DI PESANTREN (STUDY KASUS DI PONPES TAHFIDZUL QUR’AN DI MANGGIS MOJOSONGO BOYOLALI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT BERPENDIDIKAN DI PESANTREN (STUDY KASUS DI PONPES TAHFIDZUL QUR’AN DI MANGGIS MOJOSONGO BOYOLALI))
1320412215_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version Download (18MB) | Preview |
|
Text (STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT BERPENDIDIKAN DI PESANTREN (STUDY KASUS DI PONPES TAHFIDZUL QUR’AN DI MANGGIS MOJOSONGO BOYOLALI))
1320412215_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah seiring dengan persaingan antar lembaga pendidikan yang kompetitif, maka kaitannya dengan dunia pendidikan, promosi dilakukan untuk memperkenalkan produk-produk dari lembaga pendidikan kepada masyarakat luas agar mereka mengetahui manfaat, kelebihan/kualitas pendidikan (pesantren), visi dan misi, dan program-program pendidikan yang dilaksanakannya. Dalam hal ini adalah pondok pesantren Tahfidzul Qur’an yang statusnya masih tergolong pondok pesantren berkembang, namun animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di pesantren ini tidak lah kian surut, hal ini dapat diketahui dari meningkatnya jumlah santri dalam setiap tahunnya. Berangkat dari latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang strategi promosi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat berpendidikan di pesantren Tahfidzul Qur’an Manggis, keberhasilan strategi promosi, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi promosi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat berpendidikan di pesantren Tahfidzul Qur’an Manggis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Sasarannya adalah seluruh pihak yang terlibat dalam proses promosi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analsisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan sumber yaitu, membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dalam waktu dan melalui metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan Pertama,; Strategi promosi yang dilakukan oleh Ponpes Tahfidzul Qur’an Manggis sudah mengikuti langkah-langkah promosi atau komunikasi efektif, mulai dari identifikasi audiens sasaran, menetukan tujuan, merancang pesan, pelaksanaan promosi, hingga evaluasi hasil. promosi yang dilakukannya yaitu dengan presentasi profil pesantren ke beberapa sekolah sasaran, penyebaran brosur, pemasangan spanduk, dan promosi melalui even/kegiatankegiatan seperti mengadakan olahraga dan perayaan hari besar keagamaan. Adapun media atau alat promosi yang paling efektif yang digunakan dalam mempromosikan Ponpes Tahfidzul Qur’an Manggis adalah brosur. Kedua; Keberhasilan strategi promosi bisa dilihat dari semakin bertambahnya santri dalam setiap tahunya, dan semakin antusiasnya masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan di pesantren, baik membantu secara fisik maupun non fisik, dengan indikator keberhasilan yang diantaranya adalah ponpes Tahfidzul Qur’an Manggis mampu menjaga kepercayaan orang tua siswa terutama dari aspek keuangan, ponpes Tahfidzul Qur’an Manggis mempunyai pengelolaan komunikasi yang baik kepada orang tua siswa dan pandai mengatur penyelenggaraan aspek akademis dan non akademis selama satu tahun ajaran. Ketiga; Beberapa faktor pendukung dalam kegiatan promosi diantaranya adalah tipe dan struktur organisasi pesantren yang sudah proporsional, gaya kepemimpinan pengasuh pesantren Tahfidzul Qur’an yang demokratis dan kharismatik, kompleksitas lingkungan eksternal, sarana dan prasarana yang memadai dan tenaga pendidik dan kependidikan yang professional. Sedangkan untuk faktor yang menghambat kegiatan promosi antara lain minimnya anggaran dana dalam kegiatan promosi, latar belakang masyarakat yang berpendidikan rendah, perbedaan faham agama di masyarakat dan adanya persaingan tidak sehat dari lembaga pendidikan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Sabaruddin, M.Si, |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Promosi, Pesantren |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 12 Oct 2015 07:35 |
Last Modified: | 12 Oct 2015 07:35 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17502 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |