PERENCANAAN KARIR CALON PENSIUNAN DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (STUDI KASUS DI YAYASAN TAMAN SISWA JETIS YOGYAKARTA)

RANDI MUHAMMAD GUMILANG, NIM. 1320412211 (2015) PERENCANAAN KARIR CALON PENSIUNAN DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (STUDI KASUS DI YAYASAN TAMAN SISWA JETIS YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN KARIR CALON PENSIUNAN DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (STUDI KASUS DI YAYASAN TAMAN SISWA JETIS YOGYAKARTA))
1320412211_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN KARIR CALON PENSIUNAN DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (STUDI KASUS DI YAYASAN TAMAN SISWA JETIS YOGYAKARTA))
1320412211_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan perencanaan karir calon pensiunan, factor-faktor yang melatar belakangi perencanaan karir di Yayasan Tamansiswa Jetis Yogyakarta dan menelaahnya dalam perspektif Bimbingan dan Konseling Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian Studi Kasus. Teknik pengumpulan data bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Analisis menggunakan bentuk kombinasi dari model miles & hubberman dan analisis eksploratif-deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan karir calon pensiunan di Yayasan Taman Siswa Jetis Yogyakarta terdiri atas: pertama, melanjutkan karir sesuai dengan karir asal, yakni di lembaga yang sama serta di tempat sama atau di tempat yang berbeda pada bidang yang sama. Kedua, melanjutkan karir di luar jalur karir asal dengan bentuk kegiatan wiraswasta & jasa. Ketiga, menikmati waktu luang masa pension dengan meningkatkan ibadah, dekat dengan keluarga, menjalankan kegemaran & bersosialisasi. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan karir calon pensiunan di Yayasan Tamansiswa Jetis, yakni: Pertama, factor internal terdiri dari pendidikan dan jabatan, keluarga dan kebutuhan hidup. Kedua, factor eksternal terdiri dari status kepegawaian, pergaulan dan pertemanan. 3) Perencanaan Karir calon pensiunan dalam perspektif Bimbingan Konseling Islam meliputi: pertama, tujuan perencanaan karir dalam Islam. Kedua, urgensi perencanaan karir dalam perspektif Islam meliputi keharusan memenuhi tuntutan hidup, ada modal yang dapat dikelola, ada tujuan yang harus dicapai, memanfaatkan umur yang diberikan. Ketiga, bekerja sebagai ibadah meliputi bekerja untuk memenuhi kebutuhan spiritual, bekerja dengan semangat memajukan, bekerja dengan loyalitas, karir yang membahagiakan, karir untuk menjaga dan meningkatkan martabat hidup. Keempat, Perencanaan karir yang berdasarkan pada Etos kerja Islam meliputi memelihara motivasi kerja, bekerja dengan rasa bangga, memelihara keikhlasan dan kesabaran dalam bekerja, mencari keberkahan dalam karir. Kelima, Implikasi Perencanaan Karir Calon Pensiunan terhadap Bimbingan dan Konseling Islam mencakup tataran teoritik dalam hal pengayaan khazanah keilmuan. Secara praksis terkait peran Bimbingan dan Konseling Islam dalam rangka menjawab persoalan-persoalan kehidupan manusia. Melalui pengkajian dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan karir calon pensiunan merupakan usaha untuk mempelajari dan menghargai proses panjang kehidupan karir individu dan bagaimana individu menyiapkan karirnya yang khusnul khotimah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Akhmad Rifa’I, M.Phil
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Karir, Pensiun, Bimbingan & Konseling Islam.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Oct 2015 07:35
Last Modified: 12 Oct 2015 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17503

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum