HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS PENGGUNA SITUS JEJARING SOSIAL DAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN INFERIORITAS (STUDI PENELITIAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

ERI MUNTOKIYAH, S.PD.I, NIM. 1320412209 (2015) HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS PENGGUNA SITUS JEJARING SOSIAL DAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN INFERIORITAS (STUDI PENELITIAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS PENGGUNA SITUS JEJARING SOSIAL DAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN INFERIORITAS (STUDI PENELITIAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1320412209_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS PENGGUNA SITUS JEJARING SOSIAL DAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN INFERIORITAS (STUDI PENELITIAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1320412209_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah inferioritas merupakan suatu perilaku manusia yang dipandang sebagai suatu bentuk kompensasi untuk menuju ke arah superioritas. Akan tetapi tidak semua individu memiliki kompensasi yang normal. Banyak individu menyembunyikan perasaan inferioritas dengan berbagai cara. Seperti aktif dalam dunia maya yaitu situs jejaring sosial dan game online. Kedua media ini sudah sangat mempengaruhi kalangan masyarakat tidak terkecuali. Hal ini mengakibatkan penggunanya menjadi lebih tertutup dengan lingkungan sosialnya. Keadaan seperti ini yang menyebabkan pengguna aktif situs jejaring sosial dan game online memiliki perasaan inferior yang tinggi, karena mereka cenderung menarik diri dari lingkungan sosial. Hal yang lebih patut disayangkan lagi sebagian pengguna aktif situs jejaring sosial dan game online adalah kalangan mahasiswa yang pada dasarnya memiliki fungsi sosial perkembangan yang harus dipenuhi dalam posisinya sebagai sebuah pewaris kepemimpinan masa depan. Oleh karena itu tuntunan bagi para konselor Islam untuk mampu memberikan solusi konkrit terhadap persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat aktivitas pengguna situs jejaring sosial dan bermain game online dengan inferioritas: implikasinya terhadap bimbingan pribadi-sosial Islami. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta sejumlah 443 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah accidental sampling yang penentuan berdasarkan faktor spontanitas. Sedangkan teknik analisanya menggunakan statistik inferensial dengan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan 1) Ada korelasi yang positif antara tingkat aktivitas pengguna situs jejaring sosial dengan inferioritas yang dibuktikan dengan nilai rx1y = 0,563; dan p(sig.) = 0,021. 2) Ada korelasi yang positif antara tingkat aktivitas bermain game online dengan inferioritas dibuktikan dengan nilai rx2y = 0,243; dan p (sig.) = 0,011. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengguna situs jejaring sosial dan bermain game online dengan inferioritas yang dibuktikan dengan nilai Fhitung = 97.269 dan Ftabel = 3,016. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat aktivitas pengguna sistus jejaring sosial dan bermain game online pada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga tahun ajaran 2014/2015 di semester genap berpengaruh terhadap perasaan inferioritas. Mahasiswa yang memiliki perasaan inferioritas cenderung menarik diri dari kehidupan sosialnya di dunia nyata. Mereka menyembunyikan perasaan inferioritasnya dengan aktif di dunia maya. Oleh karena itu, solusi yang sesuai untuk menangani masalah inferioritas selain dengan konseling Adlerian, penulis merekomendasikan dengan bimbingan pribadisosial Islami.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi, M.Si. P.Si
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Pengguna situs jejaring sosial, Aktivitas Bermain game online, Inferioritas
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Oct 2015 07:35
Last Modified: 12 Oct 2015 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17505

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum