IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MULIA TERHADAP SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN MIFTAHUNNAJAH TRINI TRIHANGGO GAMPING SLEMAN

RASMUIN, NIM. 1320412195 (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MULIA TERHADAP SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN MIFTAHUNNAJAH TRINI TRIHANGGO GAMPING SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MULIA TERHADAP SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN MIFTAHUNNAJAH TRINI TRIHANGGO GAMPING SLEMAN)
1320412195_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MULIA TERHADAP SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN MIFTAHUNNAJAH TRINI TRIHANGGO GAMPING SLEMAN)
1320412195_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Bangsa Indonesia sedang mengalami cobaan yang berat dengan semakin merosotnya moral anak bangsa. Korupsi, narkoba, seks bebas, tawuran dan banyak perilaku menyimpang yang lain sehari-hari menghiasi media lokal maupun nasional. Lembaga pendidikan formal yang digadang-gadang sebagai kawah candradimuka generasi bangsa belum sepenuhnya mampu untuk mengemban amanat tujuan pendidikan nasional dalam mencetak generasi yang berakhlak mulia. Disaat inilah pesantren modern muncul sebagai alternatif dalam usaha mereduksi dampak destruktif yang diakibatkan oleh laju perubahan jaman. Pondok Pesantren Modern Miftahunnajah adalah salah satu Pesantren modern yang ada di Kabupaten Sleman yang belum lama berdiri. Berangkat dari keprihatinan akan dekadensi moral anak bangsalah pesantren ini didirikan. Pesantren yang memadukan kurikulum Diknas, Kemenag serta kurikulum pesantren ini berusaha untuk memberikan kontribusi nyata bagi akhlak anak bangsa ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, domumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, display data, triangulasi dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ponpes Modern Miftahunnajah memiliki konsep yang bagus dalam pembinaan akhlak mulia santri. Implementasi pendidikan akhlak mulia di pesantren ini dilakukan secara integral melalui dua poin utama yaitu pengajaran dan pembiasaan. Pengajaran untuk memahamkan aspek kognitif santri serta pembiasaan dengan langsung mengaplikasikan pemahaman yang sudah didapat dalam aktifitas sehari-hari. Hambatan yang dihadapi adalah adanya perbedaan pemahaman para ustad, input santri yang variatif tingkat pemahaman agamanya, kurangnya kerjasama orang tua dalam menjaga budaya islami ketika santri pulang kerumah hingga masalah klasik yaitu pendanaan. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain seminggu sekali diadakan halaqah bagi musyrif untuk menyatukan visi dan misi, sering melakukan komunikasi dengan para wali santri serta dalam bidang pendanaan coba diatasi dengan mendirikan minimarket, barkas abadi serta ternak lele. Dari proses pengajaran dan pembiasaan yang sedemikian rupa ternyata hasil dari proses tersebut masih belum maksimal. Terbukti masih adanya santri yang terkadang dengan sengaja meninggalkan shalat wajib , serta tingkat kejujuran santri ketika ulangan harian juga masih kurang dengan kadang-kadang masih menyontek.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman, S.S., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Akhlak Mulia, Ponpes Modern Miftahunnajah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Oct 2015 07:35
Last Modified: 12 Oct 2015 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum