SYAIFULLOH YUSUF, S.PD.I, NIM. 1320412194 (2015) KEPEMIMPINAN PROF. H. ZAINI DAHLAN, MA DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KEPEMIMPINAN PROF. H. ZAINI DAHLAN, MA DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
1320412194_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
|
Text (KEPEMIMPINAN PROF. H. ZAINI DAHLAN, MA DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
1320412194_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe kepemimpinan Prof. H. Zaini Dahlan, MA dan kontribusinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian terkait kepemimpinan sudah banyak dilakukan, akan tetapi berdasarkan kemajuan zaman dan kebutuhan tauladan pada pendidikan Islam, harus ada penelitian yang menyajikan tokoh untuk dijadikan tauladan demi kepemimpinan pendidikan Islam. Sampai saat ini penulis belum menemukan penelitian terkait “Kepemimpinan Prof. H. Zaini Dahlan, MA dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Islam”. Penulis berharap bahwa dengan mengambil salahsatu tokoh ini, yakni Prof. H. Zaini Dahlan, MA, penelitian ini sangat berguna bagi pembaca dan peneliti selanjutnya untuk dijadikan rujukan dalam mengembangkan serta memajukan Pendidikan Islam. Berdasarkan pandangan penulis dan beberapa tokoh besar Indonesia, bahwa Prof. H. Zaini Dahlan, MA patut untuk dijadikan tauladan bagi Pendidikan Islam, khususnya Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan historis. Dalam penelitian ini dilakukan analisis data dengan cara kualitatif, komprehensif dan lengkap. Artinya bahwa uraian data dengan cara teratur, runtun, logis, dan efektif memudahkan dalam pemahaman hasil analisis. Analisis data secara mendalam dari berbagai aspek dan diharapkan tidak ada bagian yang terlewatkan serta lengkap dalam penyajian datanya. Dengan dua metode pengumpulan data, yaitu wawancara dan dokumentasi. Kemudian sumber data pada penelitian ini ada dua macam, yakni primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung dengan cara wawancara kepada Prof. H. Zaini Dahlan, MA sebagai sumber utama pada penelitian ini. Adapun data sekunder diperoleh dari beberapa data, seperti wawancara dengan responden, buku, dan sumber lainnya. Adapun hasil penelitian ini bahwa tipe kepemimpinan Prof. H. Zaini Dahlan, MA adalah tipe pemimpin karismatik-demokratis. Kepemimpinan karismatik-demokratis adalah sebuah kepemimpinan gabungan antara kepemimpinan karismatik dan kepemimpinan demokratis. Keistimewaan kepribadian yang umum dimiliki pemimpin tipe karismatik adalah akhlak yang terpuji, sehingga perilaku kepemimpinannya terarah. Kepemimpinan demokratis adalah kepemimpinan yang dinamis, aktif, dan terarah serta dalam mengambil keputusan sangat mementingkan musyawarah. Kontribusinya terhadap pendidikan Islam terbagi menjadi dua, yakni terhadap keluarga dan lembaga pendidikan. Dalam keluarga termasuk sosok yang dapat memberikan keteduhan dan ketenangan. Dalam lembaga pendidikan termasuk sosok yang dapat memajukan Universitas, khususnya tingkat akademik dalam pendidikan. Kemudian kontribusi pemikirannya lebih banyak diberikan ketika sedang menjabat dan setelah purnatugas untuk memajukan pendidikan. Khususnya dalam Pendidikan Agama Islam pada tiap-tiap jenjang lembaga pendidikan di Indonesia ini. Secara pemikiran, menurut Prof. H. Zaini Dahlan, MA bahwa pendidikan seharusnya adanya kesesuaian antara perkataan (yang diajarkan) dengan tindakan (yang dilakukan) oleh para pendidik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Prof. Dr.H. Maragustam, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | prof. h. zaini dahlan, ma, pendidikan islam |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 12 Oct 2015 07:36 |
Last Modified: | 12 Oct 2015 07:36 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17508 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |