DESAIN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK-ANAK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA) SURAU AL-ILHAM PONTIANAK KOTA

FUSVITA NOOR A. PUTRI, NIM. 1320412176 (2015) DESAIN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK-ANAK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA) SURAU AL-ILHAM PONTIANAK KOTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK-ANAK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA) SURAU AL-ILHAM PONTIANAK KOTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DESAIN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK-ANAK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA) SURAU AL-ILHAM PONTIANAK KOTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena belum pernah diadakannya pembelajaran bahasa Arab di TPA dan belum ditemukan bahan ajar yang di desain khusus bagi anak-anak di TPA untuk membantu proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana prosedur atau langkah-langkah mengembangkan produk berupa modul pembelajaran bahasa Arab bagi anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Surau Al-Ilham Pontianak Kota. 2) Mengetahui bagaimana pendapat hasil validasi ahli materi, ahli media, guru, dan anak-anak TPA terhadap desain modul pembelajaran bahasa Arab bagi anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Surau Al-Ilham Pontianak Kota. 3) Menguji dan mengetahui apakah penggunaan modul efektif untuk pembelajaran bahasa Arab bagi anak-anak di TPA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor tanggapan yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, guru, dan anak-anak sebagai pengguna. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara terhadap 2 guru TPA dan beberapa anak TPA yang berupa komentar dan saran tentang modul. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kualitas atau kelayakan modul yang disusun berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media, 4 guru, dan anak-anak TPA, serta komentar dan saran-saran yang diberikan, bahwa produk modul pembelajaran bahasa Arab layak digunakan dalam proses pembelajaran bagi anakanak TPA. Kelayakan tersebut dilihat dari hasil rata-rata skor penilaian. Skor penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran dan aspek materi atau isi dengan rata-rata kumulatif adalah 4,15 jika dibulatkan menjadi 4,2 memiliki kriteria baik. Skor penilaian ahli media pada aspek penyajian dan aspek grafik dengan rata-rata kumulatif adalah 4,3 memiliki kriteria sangat baik. Skor penilaian 4 guru TPA pada aspek pembelajaran, aspek materi atau isi, aspek penyajian, dan aspek grafik dengan skor rata-rata kumulatif 4,36 jika dibulatkan menjadi 4,4 memiliki kriteria sangat baik. Respon anak-anak TPA skala terbatas pada aspek penyajian dan grafik, serta aspek materi atau isi dengan skor rata-rata kumulatif 4,4 memiliki kategori sangat baik. Sedangkan respon dari anak-anak TPA skala yang lebih luas pada aspek penyajian dan grafik, serta aspek materi atau isi dengan skor rata-rata kumulatif 4,2 memiliki kategori baik. 2) Modul pembelajaran bahasa Arab terbukti efektif digunakan sebagai bahan ajar bagi anak-anak TPA pada skala terbatas dan skala yang lebih luas. Berdasarkan uji t-test yaitu; TPA Surau Al-Ilham t hitung (- 11,452) > t tabel (2,306). TPA Al-Kauśar t hitung (-12,310) > t tabel (2,160). TPA Mujāhidīn t hitung (-6,873) > t tabel (2,160). TPA Dārul Muttaqīn t hitung (-12,160) > t tabel (2,160). Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Arab mendapat respon positif dan layak digunakan sebagai bahan ajar di TPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran bahasa araB, taman pendidikan al-qur'an
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2015 13:01
Last Modified: 16 Oct 2015 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17511

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum