UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG)

AHMAD SHOBIRIN, NIM. 1320412161 (2015) UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA INOVATIF GURU MTS DALAM MENYAJIKAN MATERI DAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MTS MIFTAHUL ULUM DAN MTS YATPI KECAMATAN GODONG))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab, akan tetapi dalam implementasinya belumlah maksimal. Sehingga guru bahasa Arab masih menggunakan model konvensional dalam pembelajaran di kelas. Di MTs YATPI dan MTs Miftahul Ulum model konvensional sudah tidak digunakan akan tetapi pembelajaran siswa aktif sudah mulai diimplementasikan dengan model pembelajaran kontekstual sebagai bentuk upaya inovatif guru. Selain itu, guru juga memperhatikan aspek pengelolaan kelas berupa melakukan variasi dalam pembelajaran di kelas. Apabila aspek pengelolaan kelas diabaikan maka dampak yang dihasilkan bahwa bahasa Arab menjadi salah satu mata pelajaran yang paling ditakuti dan dihindari peserta didik disekolah. Pembelajaran inovatif sendiri memiliki pengertian bahwa pembelajaran yang dikemas oleh guru yang merupakan wujud gagasan atau ide yang dipandang baru agar memperoleh kemajuan belajar bahasa. Upaya inovatif dalam aktivitas belajar-mengajar terdapat pada aspek penyajian materi dan pengelolaan kelas. Terkait pembelajaran maka penyajian materi mempunyai pengertian sebagai ketrampilan dalam menyatakan atau menjelaskan materi secara sempurna. Tahapan penyajian materi menurut Bruner dalam pembelajaran berupa penyajian enactive, iconic dan symbolic. Pengelolaan kelas, merupakan ketrampilan untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan mampu menumbuhkan kreativitas peserta didik. Selain menciptakan iklim belajar yang kondusif, terdapat komponen lain yaitu meminimalisir gangguan yang akan terjadi dengan hukuman. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara diskriptif-analitik dan komparatif agar data dapat dipahami secara komprehensif. Pada prosesnya data yang dikumpulkan langsung dianalisis seketika dengan objeknya berupa upaya guru dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan dalam menyajikan materi bahasa Arab MTs YATPI dan MTs Miftahul Ulum dimaksudkan agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan mampu secara mandiri dan esensi atas apa yang dipelajari bukan sebagai sebuah keterpaksaan dan beban. Penyajian materi yang kontektual dimaksudkan agar memudahkan peserta didik memahami materi yang diajarkan. Pada pengelolaan kelas belajar yang meliputi ketrampilan pemeliharaan iklim pembelajaran dan pengendalian kondisi belajar, guru telah melaksanakan pembelajaran secara humanis dengan x melihat aspek psikologis dan sosial peserta didik. Hal ini menjadi alasan perlunya pengelolaan yang dilakukan agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan kreatif. Dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs YATPI dan MTs Miftahul Ulum, diketahui, tahap enaktif, berupa pemilihan materi yang melibatkan peserta didik, materi kontekstual dimana anak mampu benda tersebut secara langsung, pengembangan imajinasi peserta didik terkait orentasi belajar, pengenalan konsep baru oleh peserta didik. Dalam pembelajaran, tahap ikonik merupakan pengaitan pengalaman peserta didik yang dikembangkan kedalam bahasa kedua. Sebagaimana materi العنوان ,الأسرة ,البیت , karakteristik tema tersebut sudah dikenali dalam bahasa kedua. Pada tahap simbolik, dimana para peserta didik sudah mampu menggunakan logika, ketrampilan berpikir sangat teratur dan mampu menggunakan sistem-sistem simbol dalam pernyataannya. ketika memberikan pertanyaan yang langsung direspon peserta didik, guru mengucapkan صَبَاحُ الْ خَیْرِ dan peserta didik merespon dengan percaya diri dan menjawab. Aspek pengelolaan kelas yang dilakukan guru meliputi pemeliharaan iklim pembelajaran, interaksi guru dengan peserta didik dalam kelas, tindakan korektif guru atas perilaku negatif para peserta didik. Prakarsa dalam kegiatan kelas juga merupakan bentuk pengelolaan kelas berupa pengelolaan kelompok besar yang merupakan pengorganisasian kelas oleh guru dalam kegiatan belajar-mengajar pada kelas klasikal dan pengelolaan kelompok kecil yang merupakan pengorganisasian kelas mencangkup kegiatan kecil para peserta didik dalam kelas secara individu/perseorangan maupun kelompok yang terdiri 2-5 orang setiap kelompok belajar. Pengeloaan kelompok kecil di MTs YATPI lebih bersifat individu sedangkan di MTs Miftahul Ulum lebih dilakukan secara komunal. MTs YATPI, dalam melakukan pembelajaran di kelas tidak terbatas dengan ruang belajar, hal ini yang menjadikan pengelolaan kelas lebih bersifat komunal, secara bersama-sama. MTs Miftahul Ulum lebih banyak pola variatif yang dilakukan dikarenakan minimnya fasilitas berupa ruang belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Upaya Inovatif Guru, Penyajian Materi Bahasa Arab, Pengelolaan Kelas
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2015 13:01
Last Modified: 16 Oct 2015 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum