INOVASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERSISTEM BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

MOHAMMAD JAKFAR, NIM. 1320412155 (2015) INOVASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERSISTEM BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERSISTEM BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (INOVASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERSISTEM BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Menjawab berbagai kekhawatiran para orang tua tentang masa depan anak-anak mereka, dibutuhkan adanya inovasi dalam dunia pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam. Dan saat ini telah banyak bermunculan sistem pendidikan unggulan yang menjadi fenomena menarik dalam dunia pendidikan di Indonesia yakni munculnya sekolah-sekolah terpadu (mulai tingkat dasar hingga menengah); dan penyelenggaraan sekolah bermutu yang sering disebut dengan boarding school. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi dalam konteks sosiologis. Penelitian ini mengkaji tentang pola perilaku peserta didik dan lingkungan sosial di asrama dan sekolahnya. Misalnya di lingkungan sekolah baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas yang di dalamnya terjadi interaksi antara guru dengan peserta didik, peserta didik dengan karyawan, peserta didik dengan peserta didik dan peserta didik dengan lingkungan. Sehingga prinsip-prinsip dalam fenomenologi sosiologis ini dapat dijadikan landasan berfikir dan bertindak dalam melakukan penelitian ini. Subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru PAI dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk inovasi pendidikan agama Islam bersistem boarding school di SMP IT Abu Bakar, untuk mengetahui penerapan inovasi pendidikan agama Islam bersistem boarding school di SMP IT Abu Bakar, dan untuk mengetahui problematika inovasi pendidikan agama Islam bersistem boarding terhadap sistem pembelajaran di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bentuk-bentuk inovasi pendidikan agama Islam di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta terbagi menjadi empat aspek. Keempat aspek inovasi tersebut adalah Inovasi dalam aspek tujuan pendidikan, inovasi dalam aspek materi atau konten kurikulum dan pengajaran, inovasi dalam aspek pendidikan dan proses, dan inovasi pendidikan dalam aspek sarana dan prasarana. Adapun Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta terdiri dari kegiatan intra pagi, intra sore dan dan intra malam. Dalam melakukan inovasi pendidikan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta terdapat beberapa hal yang menjadi problem dalam melakukan inovasi pendidikan agama Islam, diantaranya adalah lokasi dan gedung SMP IT AB bercampur dengan masyarakat sekitar sehingga tidak maksimalnya pembina asrama dalam mengontrol siswa yang melanggar disiplin, pembina asrama yang sering silih berganti, tidak adanya pengkaderan pembina asrama, dan kurangnya pengamanan di lingkungan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M. A.,
Uncontrolled Keywords: Inovasi,Pendidikan Agama Islam, dan Lembaga Pendidikan Islam, Bersistem Boarding School
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2015 13:01
Last Modified: 16 Oct 2015 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17515

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum