FATA ASYROFI YAHYA, S.PD.I, NIM. 1320412150 (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK PONOROGO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (18MB) | Preview |
|
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK PONOROGO)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan masih banyaknya lembaga pendidikan Islam yang tidak dapat berkembang dengan baik karena tidak mendapatkan dukungan dari masyarakat. Oleh karena itu, lembaga pendidikan Islam seperti halnya pesantren hendaknya tidak mengabaikan kegiatan hubungan dengan masyarakat. Kegiatan humas mempunyai arti besar bagi pesantren karena dapat merangsang partisipasi aktif dan positif masyarakat. Berkat pengelolaan kegiatan humas yang baik tidak jarang berbagai bantuan datang, baik dukungan materil maupun moral sehingga proses pendidikan di pesantren berjalan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan; (1) Implementasi Menajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Pendidikan, (2)Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Menajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Pendidikan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedang untuk menganalisis data, digunakan analisis model Miles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah; pengumpulan data, data reduction, data display, dan data verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen humas dalam meningkatkan pengelolaan pendidikan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo menggunakan empat fungsi manajemen, yaitu; (1) Perencanaan: melihat pada program kegiatan tahun sebelumnya, mencari ide/inspirasi dari guru, karyawan dan juga masyarakat eksternal, melihat pada kalender pendidikan baik dari Kemendikbud maupun Kemenag. (2) Pengorganisasian: pembagian tugas (job discribtion) yang diwujudkan dengan penunjukkan terhadap penanggung jawab pelaksana program humas, baik pelaksanaannya secara perseorangan maupun dalam bentuk kepanitiaan. (3) Pelaksanaan: mencanangkan program kegiatan pesantren yang melibatkan publik internal dan eksternal. (4) Pengendalian: pengendalian secara langsung dan tidak langsung oleh pengasuh dan kepala lembaga pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Keberhasilan manajemen humas untuk meningkatkan pengelolaan pendidikan dapat dilihat dari ketercapaian indikator yang ada di lapangan, yaitu peningkatan pengelolaan dalam bidang personalia, peserta didik, kurikulum, keuangan, dan sarana dan prasarana. Sedangkan faktor pendukung dalam implementasi manajemen humas dalam meningkatkan pengelolaan pendidikan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo, yaitu (1) Kepemimpinan kyai, (2) Peran aktif guru dan karyawan, (3) Peran aktif wali murid dan masyarakat, (4) Fasilitas mendukung, (5) Kultur masyarakat sekitar. Sedang faktor penghambatnya meliputi: (1) Kurangnya tenaga humas professional, (2) Terlalu padatnya kegiatan santri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si., MA., |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Humas, Pesantren, Pengelolaan Pendidikan |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 21 Oct 2015 08:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2015 08:13 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17516 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |